Hpai.inspirasibersama.com – Sudah pernahkah anda melakukan donor darah ?. Jika belum kami sarankan anda untuk mencobanya. Banyak manfaat yang kita peroleh jika melakukan donor darah. Bagi anda yang sudah pernah merasakan donor darah pasti pernah merasakan lemas, kepala pusing bahkan sampai ada yang pingsan saat setelah melakukan donor darah.

Ini adalah hal yang wajar terjadi saat terjadi pengurangan jumlah darah seseorang akibat donor darah. Tetapi kabar gembiranya adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh Amerika Serikat menemukan bahwa air putih menjadi sangat penting bagi pendonor darah untuk bisa memulihkan kondisi pasca donor darah.

Para pakar ilmuwan Amerika mengatakan saat kita hendak melakukan donor darah usahakan minum air putih setidaknya setengah liter untuk menghindari lemas, pusing bahkan pingsan setelah donor darah. Dengan melakukan banyak minum sebelum donor darah maka bisa menurunkan resiko lemas dan pusing hingga 20 %.

Air putih memegang peranan yang penting bagi kehidupan seseorang. Dengan asupan air yang cukup maka akan bisa membuat kerja saraf simpatik (otonom) kita menjadi lebih baik dan membuat orang menjadi lebih segar, tenang, lebih waspada, dan memberikan energi bagi tubuh kita. Selain itu air juga mampu meningkatkan tekanan darah yang rendah. Saat kita merasa haus dahaga maka minum air putih menjadi hal yang sangat membantu tubuh kita menjadi segar kembali.

Para peneliti juga mengamati para pendonor yang mengalami pingsan setelah melakukan donor disebabkan oleh kekurangan cairan saat mau melakukan donor darah. Untuk itu sangat disarankan bagi anda yang mau melakukan donor darah untuk minum air putih yang cukup agar terhindar dari pingsan pasca donor.

Dengan ditemukannya solusi mengatasi rasa lemas, pusing dan pingsan pasca melakukan donor, maka membuat kita lebih tidak khawatir saat melakukan donor darah. Donor darah merupakan kegiatan yang menyehatkan badan kita sekaligus memberi banyak manfaat bagi mereka yang membutuhkan. Semoga dengan membaca artikel ini kita semakin terdorong untuk melakukan kegiatan mulia ini dengan tenang.

Artikel Terkait : Mengapa Ada Orang Yang Merasa Selalu Haus


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *