Hpai.InspirasiBersama.com – Seringkali kita mendengar seorang wanita yang sudah melakukan banyak olahraga, membatasi asupan kalori , mengurangi asupan gula namun belum juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini menunjukkan bahwa menurunkan berat badan bagi seorang wanita tak semudah seorang pria.

Kondisi sebaliknya terjadi bagi seorang pria. Sering kali kita mendengar seorang pria yang berhasil menurunkan berat badannya dengan mudah. Meskipun demikian bukan berarti semua pria akan dengan mudah bisa menurunkan berat badan. Ada beberapa pria yang juga susah untuk menurunkan berat badannya.

Untuk membuktikan hal ini para ahli telah melakukan penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang meneliti banyak wanita dan pria gemuk yang melakukan sebuah program diet yang berbeda. Para peneliti tidak melihat jenis diet yang mereka lakukan. Hasilnya adalah para pria tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibandingkan dengan wanita.

Ada beberapa alasan mengapa seorang pria lebih mudah untuk menurunkan berat badannya dibandingkan dengan wanita. Alasan pertama adalah seorang pria memang mempunyai fisik yang lebih besar dibandingkan dengan wanita. Ini artinya pria mempunyai metabolisme tubuh yang lebih cepat dibandingkan dengan wanita.

Selanjutnya adalah seorang pria membutuhkan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Ini artinya, jika seorang pria mengurangi jumlah asupan kalori sedikit saja maka akan tampak penurunan berat badan yang dialami.

Baca Juga : Alasan Mengapa Seorang Pria Cenderung Mudah Gemuk Setelah menikah

Selain itu antara pria dan wanita mempunyai jenis hormon yang berbeda. Bagi seorang wanita diketahui hanya memiliki kadar hormon testosteron sekitar 15-20 persen lebih sedikit dibandingkan dengan seorang pria. Padahal salah satu fungsi hormon testosteron adalah untuk membakar lemak dan pembentukan otot.

Kita tahu bahwa wanita memiliki lebih banyak jenis hormon estrogen dan progesteron. Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa kadar hormon estrogen dan progesteron yang tinggi akan memicu nafsu makan seperti ngemil.

Dengan komposisi yang banyak perbedaan antara pria dan wanita, maka tidak heran jika seorang wanita akan lebih sulit untuk menurunkan berat badannya dibandingkan dengan seorang pria.

Belum lagi kadar hormon tiroid antara pria dan wanita juga memiliki perbedaan yang cukup tinggi. Padahal hormon tiroid juga memiliki peranan yang besar dalam mengatur metabolisme dan berat badan.

Bagi seorang wanita lebih sering mengalami penurunan kadar hormon tiroid dibandingkan dengan pria. Misalnya saja pada saat hamil, pasca melahirkan dan saat menopause. Hal ini tentu akan mempengaruhi berat badan seorang wanita.

Artikel Terkait : Pria dan Wanita Mempunyai Perbedaan Dalam Menyimpan Lemak


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *