Hpai.inspirasibersama.com – Usus buntu atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan apendiks merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pada daerah usus buntu terdapat banyak bakteri baik bagi pencernaan yang sangat berguna dalam proses pencernaan makanan. Apabila terjadi masalah pada area usus buntu, maka kita akan mengalami gangguan pencernaan. Bahkan pada kasus usus buntu yang akut harus segera dilakukan tindakan operasi atau pembedahan.

Lantas apa tanda dan gejala kalau kita menderita usus buntu ?
Usus buntu itu sendiri artinya terjadi suatu penyumbatan pada daerah usus buntu. Penyumbatan ini terjadi karena adanya beberapa makanan yang tidak dapat dicerna kemudian menyumbat pada usus buntu sehingga lama kelamaan akan mengeras dan menimbulkan pembengkakan dan infeksi. Infeksi terjadi karena bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan.

Saat terjadi penyumbatan dan pembengkakan inilah kita akan mulai merasakan gejala awal dari penyakit usus buntu. Biasanya orang yang terkena usus buntu akan mengalami nyeri perut kanan bawah. Ini adalah tanda khas dari penyakit usus buntu. Terkadang dibarengi dengan rasa mual dan muntah yang berlangsung lama sehingga sangat mengganggu aktivitas kita. Penderita usus buntu biasanya juga mengalami perut yang kembung sehingga sering buang gas. Pada tingkat lanjut kasus usus buntu atau apendiks bisa menyebabkan demam yang tinggi.

Apabila anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka disarankan anda untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat agar bisa mendapatkan penanganan dengan segera. Mengapa disarankan ke rumah sakit, karena pada kasus apendiks yang akut penanganannya biasanya adalah pembedahan atau operasi.

Artikel Terkait : Ciri-ciri Tubuh Banyak Mengandung Racun


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *