Hpai.inspirasibersama.com – Tahi lalat merupakan hal yang normal tumbuh pada bagian tubuh kita. Bahkan ada juga yang menganggap dengan adanya tahi lalat yang tumbuh pada pipi misalnya bisa membuat orang tersebut tambah terlihat cantik. Tetapi tak semua tahi lalat merupakan hal yang normal, namun bisa jadi tahi lalat berbahaya bagi kesehatan tubuh yang menjadi tanda suatu kanker kulit.

Lantas apa tanda kalau tahi lalat berbahaya bagi kesehatan ?

Untuk mengetahui sebuah tahi lalat berbahaya atau tidak, seorang dokter spesialis dan kelamin yang bernama Rachel Djuanda mengatakan dengan menggunakan rumus A ( Asymmetric ), B ( Border ), C ( Colour ) dan D adalah ( Diameter ).

Jadi menurut dokter Rachel saat kita menjumpai tahi lalat yang bentuknya bulat maka itu tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun jika kita menjumpai tahi lalat yang bentuknya asimetris maka kita perlu mewaspadai.

Selanjutnya tanda tahi lalat yang berbahaya adalah ukurannya biasanya besar. Tahi lalat yang tidak berbahaya mempunyai ukuran yang kecil. Disamping itu tahi lalat yang tidak berbahaya mempunyai batas yang jelas, tetapi pada tahi lalat yang berbahaya akan mempunyai batas yang tidak jelas.

Kalau dilihat dari warnanya, tahi lalat yang tidak berbahaya mempunyai satu warna saja, sedangkan pada tahi lalat yang berbahaya mempunyai lebih dari satu warna misalnya berwarna cokelat dan hitam.

Munculnya tahi lalat ada yang sejak mulai lahir dan ada juga yang muncul saat usia dewasa. Jika anda mengalami kemunculan tahi lalat baru, jangan panik dan khawatir.

Apabila saat ini anda mempunyai sebuah tahi lalat yang anda sendiri curiga adanya kanker, maka segeralah memeriksakannya ke dokter terdekat. Namun jika anda mempunyai tahi lalat yang tidak berbahaya seperti yang kita bahas pada paragraf sebelumnya maka anda tidak perlu merasa khawatir.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *