Hpai.inspirasibersama.com – Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting. Jantung memiliki peranan yang sangat penting dalam sirkulasi tubuh yaitu mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan bagaimana kalau jantung kita bermasalah, maka banyak organ tubuh lainnya yang juga mengalami masalah. Meskipun fungsinya yang sangat vital, banyak orang yang mengabaikan kesehatan jantung. Mereka kebanyakan tidak tahu bagaimana tandanya kalau jantung kita bermasalah. Apa tandanya kalau kita mengalami serangan jantung ?

Berikut beberapa tanda kalau kita mengalami serangan jantung yang harus kita waspadai :

·         Nyeri dada tak terduga
Apakah anda pernah merasakan rasa nyeri dada yang sangat saat beraktivitas ?. Jika pernah maka itu bisa menjadi tanda kalau anda mendapatkan serangan jantung mendadak. Biasanya rasa nyeri pada dada berlangsung beberapa detik dan membuat penderitanya merasa kesakitan. Orang yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi meningkatkan resiko mengalami serangan jantung secara mendadak.

·         Nyeri pada tubuh bagian atas
Banyak orang yang mengabaikan saat terjadi nyeri yang mendadak pada bagian tubuh atas seperti pada lengan, leher atau rahang. Mereka menganggap nyeri tersebut adalah nyeri biasa yang akan sembuh dengan sendirinya. Padahal nyeri pada bagian organ tubuh bagian atas bisa menjadi tanda adanya serangan jantung.

·         Sesak napas
Bagi anda yang merasakan sesak napas secara mendadak maka bisa menjadi tanda anda mendapati serangan jantung. Serangan jantung selalu disertai dengan rasa sesak pada dada. Jika anda merasakan hal ini maka segeralah memeriksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan dengan cepat

·         Mual dan keringat dingin
Kebanyakan mereka yang mendapatkan serangan jantung secara mendadak akan merasa panik. Biasanya disertai dengan rasa mual, muntah bahkan pusing. Disamping itu biasanya  muncul keringat dingin karena rasa panik. Jika anda mendapati beberapa tanda dan gejala penyakit jantung seperti yang telah diungkapkan di atas, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk dilakukan rekam jantung.

Artikel Terkait : Cara Mengetahui Detak Jantung Normal Saat Istirahat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *