Hpai.inspirasibersama.com – Banyak orang yang mengalami sakit punggung memilih chiropractic sebagai alternatif terapi. Mereka beranggapan dengan melakukan chiropractic akan bisa menyembuhkan rasa sakit. Namun banyak juga diantara kita yang bertanya-tanya, apakah benar chiropractic bisa menyebabkan stroke ?

Terapi chiropractic merupakan terapi manual yang menggunakan tangan dengan cara memijat atau menekan titik-titik tertentu pada punggung atau tulang belakang. Namun para pakar kesehatan sangat menyarankan anda untuk berhati-hati saat melakukan terapi ini.

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American Heart Association menyatakan bahwa anda harus berhati-hati saat melakukan chiropractice terutama saat pemijitan pada area leher.

Pemijatan pada area ini bisa memicu seseorang terkena stroke.
Pemijatan atau putaran yang dilakukan oleh tenaga chiropractic pada area leher akan bisa beresiko membuat dinding arteri pada leher menjadi sobek. Sobeknya arteri pada leher biasanya disebut dengan cervical artery dissection.

Saat terjadi sobekan, maka apabila ada sebuah gumpalan darah yang mengalir ke otak dan menyumbat, maka akan bisa menyebabkan serangan stroke.

Ada empat kali penelitian yang menyebutkan adanya hubungan antara pemijatan atau manipulasi pada leher terhadap resiko stroke bagi seseorang baik yang muda atau yang berusia 45 tahun ke atas.

Secara ilmiah memang belum terbukti antara terapi leher chiropractic terhadap munculnya stroke.

Meskipun demikain, para ahli menyarankan kepada kita untuk berhati-hati dalam melakukan terapi chiropractic ini karena bisa saja akan mengakibatkan serangan stroke yang tiba-tiba.

Apabila anda mengalami masalah nyeri pada tulang belakang atau punggung, para ahli menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter yang berada di rumah sakit. Karena nyeri pada punggung atau tulang belakang bisa jadi menjadi masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan khusus oleh para ahli.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *