Hpai.inspirasibersama.com – Mata menjadi indera terpenting bagi tubuh manusia. Dengan adanya mata maka kita bisa melihat sesuatu yang membuat hati kita menjadi senang. Namun apa jadinya jika kita sering mengalami mata kering. Tentu hal ini sangat mengganggu kita. Lantas bagaimana cara mencegah agar mata tidak mudah kering ?


Kesehatan mata kita sangat dipengaruhi oleh air mata yang berfungsi sebagai pelembab dan pelumas mata dalam melakukan aktivitasnya sehingga bisa membuat kita terasa nyaman dalam melihat. Bahkan dengan adanya air mata juga bisa berfungsi sebagai zat antibodi yang bisa melindungi mata kita terhadap infeksi.

Bagi seseorang yang mengalami mata kering, maka terjadi ketidak optimalan produksi kelenjar air mata yang berfungsi memproduksi air mata. Kelenjar air mata terletak pada sekitar mata kita.
Jika anda saat ini sering mengalami mata kering, maka para ahli menyarankan kepada kita untuk mengenali penyebab masing-masing yang bisa memicu mata menjadi kering. Misalnya sering menghadap komputer dalam jangka waktu yang lama, apakah karena cuaca yang panas ataukah karena efek samping penggunaan obat.

Berikut cara mencegah agar mata tidak mudah kering :

Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Tips pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan cara konsumsi cairan secara cukup. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, maka akan bisa membuat mata kita tetap menjadi lembab. Apabila suhu dirumah kita saat ini sangat panas, maka kita bisa menggunakan humidifier dalam rumah kita agar suhu ruangan menjadi lebih lembab.

Jika anda menggunakan alat ini, maka dihimbau untuk rajin melakukan pergantian air secara rutin dan membersihkannya secara berkala agar tidak menjadi sarang bakteri.

Jangan lupakan berkedip
Dengan melakukan berkedip lebih sering, maka menjadi obat alami untuk memberi kelembaban kepada mata. Misalnya saat main komputer, maen game, lihat tv dan membaca. Hal ini dilakukan untuk menghindari dari mengucek mata yang bisa membuat mata menjadi merah dan iritasi.

Konsumsi lemak omega 3
Bagi anda yang sering mengalami mata kering, maka konsumsi makanan yang mengandung omega-3 adalah solusinya. Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 mengatakan bahwa bagi wanita yang sering konsumsi makanan yang mengandung omega-3 akan mengurangi resiko mata menjadi kering. Omega-3 banyak terdapat pada ikan salmon dan cod.

Memang sekarang ini sudah banyak obat mata yang beredar untuk bisa meredakan mata merah dan kering dengan mudah. Namun dalam menggunakan obat mata kita harus berhati-hati, karena tidak jarang malah menyebabkan mata kita menjadi infeksi dan bisa membahayakan mata kita jangka panjang.

Jika anda mengalami mata merah dan kering dalam kurun waktu yang lama, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter mata agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Artikel Terkait : manfaat wave hpa internasional obat herbal tetes Mata 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *