Hpai.inspirasibersama.com – Bagi kalangan wanita penyakit kanker payudara menjadi momok yang sangat menakutkan. Bagaimana tidak, penyakit ini kerap memicu kematian seorang wanita. Kanker pada payudara bisa menjadi gangguan yang serius bagi keseluruhan tubuh kita. Pasalnya kanker payudara kerap menyebar dengan cepat pada organ-organ tubuh yang lainnya. Lantas bagaimana cara mendeteksi kanker payudara sedini mungkin ?

Menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk mendeteksi dini kanker payudara adalah saat wanita menstruasi atau pada hari ke 7 atau 10. Pada hari itu payudara wanita mengalami penurunan sensifitas sehingga kita lebih mudah melakukan pengamatan jika ada sesuatu hal yang aneh pada payudara. Caranya adalah pertama anda bisa menggunakan cermin.

Selanjutnya adalah anda amati dengan teliti secara keseluruhan. Mulai dari warna kulit, warna puting susu, bentuk payudara apakah simetris atau tidak dan terakhir adalah adakah benjolan pada payudara anda. Normal payudara memang biasanya tidak simetris dan bentuknya agar berbeda.

Ada beberapa kondisi yang harus kita waspadai saat melakukan pemeriksaan pada payudara. Anda harus memastikan adalah pembengkakan atau benjolan pada payudara atau sekitar ketiak anda. Jika terdapat benjolan yang tidak wajar dan terasa tidak sakit maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

Baca juga : Obat herbal kanker payudara hpa internasional

Kemudian jika kulit pada payudara anda mengalami perubahan warna atau mengelupas maka anda harus mewaspadai sebagai hal yang tidak wajar. Selanjutnya jika puting payudara anda mengalami tertarik ke dalam, maka anda harus segera untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat. Hal ini dikarenakan deteksi sedini mungkin kasus kanker payudara sangatlah penting untuk keberhasilan pengobatan.

Artikel Terkait : Manfaat Brokoli Bagi Penderita Kanker Payudara


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *