Hpai.inspirasibersama.com – Stroke merupakan penyakit yang menyerang saraf otak. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya karena sering orang meninggal karena stroke. Bahayanya banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengenali gejala stroke sejak dini.

Banyak kasus serangan stroke yang ditangani dengan salah sehingga saat pasien datang ke rumah sakit sering menyebabkan perdarahan pada pembuluh darah di otak sehingga pasien tidak sadarkan diri.

Stroke sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Sering mengalami tekanan darah tinggi membuat aliran darah ke otak tidak lancar sehingga memicu stroke. Berdasarkan sebuah data survei menyatakan bahwa banyak orang yang tidak mampu mengenali gejala awal stroke seperti lemah pada anggota gerak, kesemutan dan kesulitan berbicara.

Mereka cenderung membiarkan gejala tersebut sampai pada terjadi kelemahan fisik yang lebih sehingga kebanyakan saat berada di rumah sakit stroke menjadi lebih berat kondisinya.

Membiarkan gejala stroke seperti itu sangat membahayakan keselamatan pasien. Padahal jika serangan stroke tertangani sebelum 3 jam setelah kejadian, maka memberikan harapan sembuh yang besar.

Berbeda dengan penanganan yang sudah melebihi 3 jam maka sangat beresiko terhadap kematian seseorang. Bahkan para ahli mengatakan 3 jam pertama setelah serangan stroke merupakan waktu emas untuk menangani stroke.

Dengan pengobatan yang cepat sebelum 3 jam, maka bisa menekan banyak kerusakan pada otak akibat serangan stroke. Pengetahuan tentang gejala awal stroke menurut para pakar sangatlah penting.

Jika kita melihat saat ini bukan hanya orang tua saja yang mengalami stroke, namun sering kita menjumpai mereka yang masih muda berusia 30 tahunan lebih sudah mengalami stroke. Hal ini tidak lepas dari faktor obesitas dan gaya hidup yang tidak sehat.

Dalam mengenali gejala awal stroke, para ahli mengenalnya dengan sebutan ‘FAST’ artinya :

F (face/wajah):
Saat seseorang senyum, normalnya adalah wajah menjadi simetris. Apabila terjadi tidak simetris maka bisa menjadi gejala awal serangan stroke

A (arms/lengan):
 Apakah salah satu anggota gerak mengalami kelemahan. Misalnya tangan dan kaki yang tak mampu untuk kita angkat ke atas. Biasanya dibarengi dengan rasa kesemutan. Jika anda mengalami kondisi seperti ini maka segeralah bawa ke rumah sakit.

S (speech/bicara):
Salah satu tanda khas dari stroke adalah biasanya pasien mengalami pelo bahkan ada yang tidak bisa berbicara sama sekali. Ini adalah jelas merupakan gejala awal stroke maka segeralah bawa ke rumah sakit.

T (time/waktu):
Apabila anda mengalami satu atau lebih gejala tersebut, maka anda mengalami serangan stroke tahap awal dan sangat disarankan untuk segera mungkin membawa ke rumah sakit.

Yang menjadi perhatian adalah orang yang mengalami serangan stroke usahakan saat dibawa ke rumah sakit dalam kondisi tidur bukan duduk atau kita bantu berjalan sendiri. Hal ini akan sangat berbahaya karena bisa memperparah serangan stroke dan bisa membuat pasien tidak sadarkan diri.

Artikel Terkait : Alasan Mengapa Kita Harus Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *