Hpai.inspirasibersama.com – Setiap wanita pasti mengalami yang namanya menstruasi. Hal menjadi proses yang normal bagi seorang wanita. Tetapi banyak para wanita yang mengalami reaksi yang berlebihan saat menstruasi. Untuk itu seorang wanita dituntut untuk mengetahui bagaimana cara mengenali menstruasi yang tidak sehat ?

Menurut seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Pondok Indah yang bernama Yassin Yanuar MIB mengatakan siklus normal menstruasi wanita adalah 21-35 hari sekali.
Jadi artinya apabila ada seorang wanita yang mengalami menstruasi 40 hari sekali bahkan ada yang sampai tiga bulan sekali, berarti ada tanda gangguan pada ovulasi.

Untuk durasi menstruasi yang normal biasanya terjadi sampai 3-7 hari dan biasanya kebanyakan hanya 5 hari. Untuk jumlah darah yang dikeluarkan selama menstruasi normalnya adalah sekitar 80 cc per harinya. Untuk pembalut bagi wanita yang haid biasanya bisa menampung 15-20 cc darah.

Menurut Yassin sebaiknya seorang wanita yang menstruasi seharusnya mengganti pembalut sebanyak maksimal empat kali dalam sehari. Jika darah yang anda keluarkan selama haid terlalu sedikit atau terlalu banyak maka ada suatu masalah.

Sering kita menjumpai ada seorang wanita yang saat haid mengeluh nyeri perut yang hebat dan ini terjadi setiap kali menstruasi. Normalnya saat menstruasi tidak menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan. Jika ini sering terjadi, maka kemungkinan adanya suatu penyakit kista.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Indonesia menyatakan bahwa darah menstruasi wanita yang menderita kista atau endometriosis akan terdapat kandungan serabut saraf. Hal inilah yang membuat menstruasi wanita menjadi nyeri yang hebat.

Bahkan menurut Yassin, saat seseorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak sehat bisa menjadi tanda terjadinya gangguan pada reproduksi. Gangguan reproduksi pada wanita bisa menyebabkan seorang wanita tidak bisa mempunyai anak atau infertilitas.

Artikel Terkait : Faktor Penyebab Datang Bulan Terlambat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *