Hpai.InspirasiBersama.com – Migrain yang selama ini dianggap remeh oleh kebanyakan orang ternyata bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dr Tobias Kurth yang telah melakukan sebuah penelitian tentang migrain pada wanita yang berasal dari Charite Universitats Medizin yang berada di Berlin Jerman.

Dalam sebuah studi ini, memang tidak dapat dibuktikan bahwa migrain menjadi penyebab penyakit stroke dan jantung. Namun para peneliti menemukan bahwa sering migrain bisa meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Kondisi ini akan berdampak lebih serius bagi seorang wanita. Namun para peneliti mengungkapkan bahwa bukan berarti kondisi ini tidak berlaku bagi seorang pria. Pria yang sering mengalami migrain juga bisa meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Apa yang dimaksud dengan migrain ? Migrain merupakan gangguan yang terjadi di kepala yang menimbulkan rasa sakit yang bersifat intens dan biasanya disertai dengan rasa mual dan muntah. Orang yang mengalami migrain biasanya mengeluh seperti kepala berdenyut dan nyeri yang terjadi berulang.

Untuk membuktikan kaitan antara migrain dengan resiko penyakit stroke dan jantung, maka para peneliti melakukan sebuah penelitian yang dilakukan selama 20 tahun dengan melibatkan 116.000 wanita yang bertempat tinggal di AS. Rata-rata dari responden berusia antara 25 sampai 42 tahun.

Dari hasil analisa tersebut didaptkan data bahwa ada sekitar 1.300 wanita yang meninggal karena serangan jantung dan stroke, serta terdapat 223 wanita yang meninggal karena menderita salah satu penyakit stroke atau jantung.

Data tersebut menunjukkan bahwa seorang wanita yang sering mengalami migrain, maka meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke sebanyak 50 persen. Ini merupakan resiko yang besar bagi seorang wanita yang migrain.

Mengingat akan resiko tinggi wanita yang memiliki migrain terhadap penyakit jantung dan stroke, maka para ahli menyarankan kita untuk berusaha menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah rutin melakukan olahraga.

Kebiasaan suka merokok dan minum alkohol akan memperburuk kondisi migrain yang membuat komplikasi seperti tekanan darah tinggi. Dengan kondisi tekanan darah tinggi, maka resiko stroke dan serangan jantung akan lebih tinggi yang akan mengancam kesehatan kita.

Artikel Terkait : Tips Membedakan Migrain dan Sakit Kepala Biasa

Temukan Cara Yang Efektif Pencegahan Stroke

Stroke merupakan suatu penyakit yang menyerang saraf otak yang sering kali menyebabkan kematian bagi penderitanya. Yang membuat kita takut adalah jumlah penderita penyakit ini setiap tahunnya terus meningkat. Sebenarnya jenis penyakit stroke bisa kita cegah. Ada cara yang efektif untuk mencegah penyakit stroke.

Tingginya angka penderita stroke di seluruh dunia membuat banyak ahli melakukan sebuah studi untuk pencegahan stroke. Studi kali ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Mc Master University yang berada di Kanada yang membuktikan kalau sebagian besar kasus stroke bisa dicegah dengan beberapa Cara.

ita tahu bahwa mereka yang menderita stroke akan mengalami kelemahan pada bagian anggota gerak tubuh yang terjadi pada tangan dan kaki. Bukan hanya itu saja, penderita stroke juga kerap mengalami gangguan pada fungsi bicara sehingga menjadi pelo atau bahkan tidak bisa bicara sama sekali. Pengobatan penyakit stroke juga bersifat jangka panjang dan memakan banyak biaya.

Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa dengan cara melakukan beberapa cara, maka angka kematian yang disebabkan karena stroke jauh menurun. Bahkan angka dalam studi tersebut sebesar 48.000 orang yang bisa diselamatkan dari ancaman kematian akibat stroke.

Untuk mengetahui cara yang efektif untuk pencegahan stroke, maka kita harus mengetahui beberapa faktor yang menjadi pencetus munculnya serangan stroke itu sendiri. Stroke sangat rentan bagi mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi. Selain itu pola aktivitas fisik yang buruk dan pola makan yang buruk juga menyebabkan munculnya gejala stroke.

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini

Oleh karena itu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan cara melakukan kebiasaan yang bisa mencegah kita terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa contohnya adalah mengurangi kebiasaan merokok, minum alkohol, dan suka begadang.

Selain itu sangat penting juga untuk menerapkan pola makan dan aktivitas yang sehat seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur dan rutin berolahraga. Dengan banyak makan buah dan sayur, maka akan membuat peredaran darah menjadi lancar yang menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi.

Sangat disarankan bagi anda untuk rutin melakukan olahraga setiap hari selama 30 menit. Hal ini akan sangat berdampak positif bagi kesehatan kita. Apabila dirasa tidak mampu melakukan setiap hari karena kesibukan kerja, maka setidaknya seminggu tiga kali meluangkan waktu untuk berolahraga.

Artikel Terkait : Sekarang Ini Usia Muda Sudah Harus Waspada Stroke


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *