Hpai.inspirasibersama.com – Gangguan pada fungsi ginjal menyebabkan seseorang menderita penyakit yang bisa dibilang serius. Bagi mereka yang mengalami gangguan pada ginjal, akan menjalani perawatan dalam waktu yang lama. Mengingat ganasnya penyakit yang satu ini.

ada beberapa kebiasaan yang bisa menyehatkan ginjal yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kasus gagal ginjal yang berat, mereka para penderita biasanya akan mendapatkan terapi cuci darah yang bisa dilakukan setiap minggu, bahkan ada beberapa orang yang menjalani cuci darah seminggu dua kali. Jika hal ini tidak dilakukan maka kandungan darah penderita gagal ginjal akan banyak mengandung racun akibat kegagalan fungsi ginjal.

Kebanyakan para paisen gagal ginjal akan merasa lebih enakan saat setelah dilakukan cuci darah.

Berikut beberapa kebisaan yang bisa menyehatkan ginjal menurut Leslie Spry yang merupakan seorang juru bicara National Kidney Foundation dari Amerika Serikat :

1. Makan pagi
Sarapan menjadi hal yang sangat penting yang harus kita lakukan setiap hari. Dengan kita melakukan sarapan maka akan mendorong kita untuk tidak makan secara berlebihan saat siang hari. Sebaliknya kalau kita tidak sarapan maka akan mendorong kita makan dalam jumlah yang besar saat jam makan siang datang.

2. Hindari obat antinyeri
Bagi anda yang sering mengalami gangguan nyeri misalnya kepala pusing atau sakit gigi, maka para ahli menyarankan untuk tidak sembarangan menggunakan obat anti nyeri secara sembarangan. Penggunaan obat nyeri yang sembarangan dapat merusak fungsi ginjal kita.

Untuk itu para pakar menyerankan apabila kita mengalami nyeri jangan gampang untuk minum obat anti nyeri untuk mengtasinya. Kalau memang nyeri termasuk ringan, maka usahakan menghindari obat anti nyeri.

3. Olahraga
Olahraga menjadi suatu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Misalnya untuk kesehatan jantung, mencegah obesitas dan diabetes, menurunkan kolesterol jahat, menuurnkan stres dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang menjalani cuci darah dan banyak melakukan aktivitas fisik mempunyai dampak yang positif terhadap perkembangan penyakitnya.

4. Berhenti merokok
Orang yang merokok, akan berdampak pada terhambatnya aliran darah ke ginjal. Sehingga akan membuat ginjal kita tidak bisa berfungsi dengan baik. Selain itu masih banyak sekali dampak negatif dari merokok bagi kesehatan manusia. Mulai dari meningkatkan resiko penyakit hipertensi, diabetes, impotensi, kanker paru dan gagal ginjal. Masih pengen merokok ?

5. Buat daftar
Jika anda salah satu orang yang suka konsumsi obat dan suplement setiap harinya, maka anda disarankan untuk mencatatnya dan melakukan konsultasi kepada dokter. Karena ada beberapa orang yang bisa menimbulakn reaksi yang negatif saat salin bertemu dan bisa berdampak negatif terhadap kesehatan termasuk kesehatan ginjal kita.

6. Kurangi waktu duduk
Sebuah studi menyatakan bahwa mereka yang pekerjaannya sering dalam kondisi duduk akan memiliki resiko terkena penyakit ginjal lebih tinggi. Untuk itu anda harus sering melakukan berdiri di sela-sela pekerjaan anda untuk menghindari resiko penyakit yang membahayan tubuh kita.

7. Turunkan berat badan
Orang yang mengalami obesitas maka ginjal akan bekerja extra keras dalam mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh orang tersebut. Kita tahu orang obesitas akan mempunyai metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak obesitas.

Dengan demikian para ahli kesehatan sangat menyarankan anda untuk menurunkan berat badan secara ideal.

Artikel Terkait : Penyebab Gagal Ginjal Kronik Pada Orang Dewasa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *