Hpai.InspirasiBersama.com – Saat kita mengalami batuk yang disertai dahak pasti sangat mengganggu. Terkadang kita sudah berusaha mengeluarkan dahak namun tak kunjung keluar. Hal inilah yang membuat penderita batuk berdahak sangat jengkel. Untuk mengatasi masalah ini dengan tepat anda bisa melakukan beberapa.

Pada dasarnya dahak dalam tenggorokan kita terdiri dari komponen air, garam dan antibodi tubuh. Sebenarnya adanya dahal merupakan fisiologis tubuh manusia untuk mengeluarkan mikroorganisme yang bersarang pada hidung dan tenggorokan.

Biasanya seseorang akan mengeluarkan dahak saat tubuh kita mengalami penurunan atau kurang fit. Misalnya saat flu dan sakit. Namun sebenarnya setiap hari tubuh kita juga memproduksi dahak.

Bahkan menurut para ahli, dengan adanya dahak dalam tubuh akan menghindarkan bakteri atau mikroorganisme masuk ke paru-paru yang melewati saluran pernapasan. Dengan adanya dahak, maka hal itu bisa di filter dengan baik.

Saat seseorang mengalami sakit atau sedang mengalami alergi, maka produksi dahak dalam tubuh kita akan mengalami peningkatan. Hal ini guna mengeluarkan kuman dan bakteri yang terhirup oleh tubuh kita.

Lantas bolehkah kita menelan dahak ? Hal itu dibolehkan meskipun bagi kebanyakan orang akan merasa menjijikkan. Saat kita menelan kembalai dahak, maka akan membuat sistem pencernaan dan lambung kita mampu menyingkirkan kuman. Selain menelan, anda juga bisa membuang dahak dengan cara meludah.

Yang perlu kita perhatikan saat membuang dahak adalah memperhatikan warna dahak. Apabila warna dahak kita hijau, maka besar kemungkinan kita terserang virus. Warna hijau pada dahak disebabkan karena adanya produksi enzin yang dihasilkan oleh sel darah putih. Namun jika dahak kita terlihat kental dan berlangsung lebih dari satu minggu, maka bisa jadi disebabkan karena infeksi bakteri.

Namun jika tekstur dahak kita berwarna jernih, maka besar kemungkinan kita mengalami alergi. Untuk mengatasi hal ini kita bisa mengkonsumsi jenis obat antihistamin yang berfungsi menurunkan produksi lendir yang berlebihan.

Kalau dahak kita disertai dengan darah bagaimana ? Jika hal ini terjadi maka besar kemungkinan disebabkan karena udara lingkungan yang kering. Selain itu kondisi ini sering dialami oleh mereka yang mempunyai kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sangat disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Sumber : kompas.com


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *