Hpai.InspirasiBersama.com – Mengalami batuk yang sulit diredakan memang sangat mengganggu. Tak jarang orang melakukan segara cara untuk meredaknnya, salah satunya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Benarkah hal ini bisa bermanfaat meredakan batuk yang membandel ?

Bawang putih memang dikenal kaya akan kandungan anti radang yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ternyata bukan berarti bisa kita manfaatkan saat kita sedang batuk.

Baca juga : obat batuk herbal hpa internasional pak haji ismail

Secara fisiologis, batuk adalah sebuah reaksi normal yang dilakukan oleh tubuh saat ada sebuah benda asing yang terdapat pada tenggorokan. Benda asing tersebut bisa berupa bakteri, virus, lendir maupun alergi. Dengan batuk, maka harapannya adalah benda asing tersebut bisa keluar dari tubuh kita.

Kandungan allicin yang tinggi pada bawang putih memang sangat bagus untuk menangkal virus, jamur maupun bakteri yang masuk dalam tubuh kita.

Jika kita mengkonsumsinya hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, bukan meredakan batuknya. Misalnya saja bisa mencegah terjadinya flu, bronchitis dan pnemonia. Jadi apabila kita sedang dilanda batuk yang membandel, maka langkah ikhtiar bisa dicoba untuk membuat nya.

Ada Banyak Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Berbicara tentang bawang putih, maka erat kaitannya dengan bumbu masakan. Ternyata bawang putih bukan hanya bermanfaat memberikan cita rasa lezat dalam sebuah makanan, tetapi juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga : obat herbal flu danbatuk yang perlu anda coba dirumah dan bikin sendiri

Mari kupas beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan, diantaranya :

1. Mencegah flu

Manfaat kesehatan pertama bawang putih adalah bisa mencegah sakit flu. Ternyata mengkonsumsi bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara alami sehingga bisa menangkal virus yang masuk seperti flu.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kedua bawang putih untuk kesehatan adalah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan menyebut bahwa rutin mengkonsumsi ekstrak bawang putih bagi penderita hipertensi selama 4 bulan terbukti membuat tekanan darah menjadi stabil dan juga menguatkan organ jantung.

3. Menyehatkan jantung

Manfaat ketiga sering mengkonsumsi bawang putih adalah bisa menyehatkan jantung. Oleh karena itu bagi kita yang ingin jantung tetap sehat selain rutin melakukan olahraga, menerapkan pola makan sehat juga sering konsumsi bawang putih ya.

4. Menurunkan risiko kanker paru

Manfaat kesehatan ke empat bawang putih adalah bisa menurunkan resiko terjadinya kanker paru. Dalam sebuah hasil peneltiian menyebutkan bahwa mereka yang bisa secara rutin mengkonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali dalam seminggu terbukti bisa menurunkan resiko terkena kanker paru sebesar 44 persen.

Artikel Terkait : Tips Membedakan Radang Tenggorokan Dengan Amandel