Hpai.inspirasibersama.com – Banyak orang yang bertanya-tanya benarkah sayuran yang ditumis akan lebih menyehatkan dibandingkan dengan direbus. Jawabnya adalah benar. Para pakar kesehatan mengatakan memasak sayuran dengan cara menumis dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan merebusnya.

Namun para ilmuwan mengatakan hal itu bisa terjadi jika menumis dengan menggunakan minyak zaitun dan bukan minyak goreng biasa yang kaya akan kolesterol jahat yang jika dikonsumsi secara berlebiahan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Kita tahu bahwa minyak zaitun sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Dengan memasak sayuran menggunakan minyak zaitun maka akan ada banyak kandungan antioksidan dan phenolic pada sayuran yang kita masak. Berbeda dengan kita memasak sayuran dengan merebus akan ada banyak zat antioksidan dan phenolic yang terbuang karena pemanasan.

Dengan kandungan zat antioksidan dan phenolic yang masih tinggi pada sayuran yang ditumis dengan menggunakan minyak zaitun, maka akan sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita terutama dalam mencegah penyakit kronik, kanker dan diabetes.

Sebelum itu para peneliti sudah mencoba membandingkan memasak sayur dengan menggunakan beberapa metode misalnya menggoreng, menumis dan merebus dengan mencampurkan minyak zaitun dalam memasaknya.

Hasilnya adalah makanan atau khususnya sayuran yang dimasak dengan cara menumis menggunakan minyak zaitun memiliki kadar antioksidan yang masih tinggi dibandingkan dengan metode masak yang lainnya. Dengan demikian sangat disarankan bagi para ibu rumah tangga untuk menggunakan minyak zaitun dalam memasak sayuran agar mendapatkan manfaat yang lebih dari antioksidan.

Artikel Terkait : Sayuran dan Buah Yang Kaya Akan Antioksidan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *