Hpai.inspirasibersama.com – Kalau kita membahas tentang tulang yang mengalami pengeroposan, maka sangat erat kaitannya dengan orang yang sudah tua. Banyak kita menjumpai para manula kita yang mengalami tulang keropos. Hal ini sangat mengganggu dalam beraktivitas mereka. Mereka yang mengalami pengeroposan tulang saat usia tua, biasanya saat muda mereka kurang memperhatikan kesehatan tulang.


Kebanyakan dari orang luput akan menjaga kesehatan tulangnya. Mereka mengaggap bahwa kesehatan tulang kurang penting, yang lebih penting adalah kesehatan organ-organ penting tubuh. Memang menjaga organ penting tubuh menjadi sangatlah vital, namun kesehatan tulang juga tidak bisa kita lupakan agar kita bisa beraktivitas dengan leluasa saat usia tua nanti. Bahkan saat ini sering kita menjumpai kasus pengeroposan tulang terjadi pada usia yang masih produktif. Tentu hal ini sangat berkaitan dengan gaya hidup saat muda.

Berikut cara mencegah agar tulang tidak gampang keropos sejak dini :

Tingkatkan Gizi dan Asupan Makanan
Tips pertama yang harus kita lakukan adalah dengan banyak makan-makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tulang kita. Sebagai informasi, ternyata seorang wanita lebih rentan terkena tulang keropos dibandingkan dengan seorang pria saat usia tua. Dengan demikian bukan berarti seorang laki-laki akan bebas dari tulang keropos, hanya saja angka kejadian lebih sering pada wanita.
Sejak kita sekolah dasar dulu ibu guru kita selalu memberitahu kita akan pentingnya kalsium dan vitamin D bagi kesehatan tulang dan gigi. Untuk mendapatkan tulang yang kuat bebas dari keropos, maka perbanyak makan kalsium dan vitamin D. Kalsium menjadi nutrisi utama agar tulang dan gigi kita menjadi kuat. Sedangkan fungsi dari vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium menjadi lebih maksimal. Banyak makanan yang kaya akan kalsium misalnya susu dan keju serta kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Olahraga dan Aktivitas Fisik
Tips kedua agar tulang tidak mudah keropos adalah dengan banyak melakukan olahraga secara teratur. Untuk menghindari keropos tulang sejak dini, maka kita harus memulai kebiasaan olahraga ini sejak usia dini misalnya usia 20 tahunan. Makan makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D saja tidak akan cukup untuk membuat tulang kita tidak gampang keropos, tetapi harus ditunjang dengan banyak latihan fisik seperti olahraga. Anda bisa melakukan banyak jenis olahraga yang menjaga kekuatan otot kita.

Misalnya dengan jalan santai, lari, angkat beban, naik sepeda, futsal, dan banyak yang lainnya yang bisa kita lakukan. 

Terpenting disini adalah kita harus mempunyai kebiasaan ini sejak usia muda agar kelak saat kita tua tidak gampang mengalami keropos tulang.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *