Hpai.inspirasibersama.com – Kita semua tentunya pasti mengalami yang namanya gangguan percernaan. Banyak hal yang bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan salah satunya adalah makan terlalu banyak. Yang terjadi saat kita makan terlalu banyak adalah munculnya rasa yang tidak enak pada perut kita, kembung, sembelit dll.


Berikut cara mengatasi gangguan pencernaan secara alami yang bisa kita lakukan :

1. Perhatikan Ukuran dan Porsi
Hal pertama yang wajib kita perhatikan adalah jumlah atau ukuran makanan yang kita makan. Secara fisiologi memang perut atau lambung kita bisa menyesuaikan diri apabila ada makanan dalam jumlah yang besar masuk pada perut kita.

Tetapi hal ini menjadi tidak sehat karena pada dasarnya kita tidak boleh makan dalam jumlah besar atau tidak melebihi yang bisa muat oleh kedua telapak tangan kita.
Pola makan yang dianjurkan dari segi kesehatan adalah makan dalam jumlah sedikit namun sering.

Selain itu usahakan makan- makanan yang mengandung sayur dan buah-buahan. Dengan menerapkan pola seperti ini akan bisa menghindarkan kita dari gangguan pencernaan.

2. Mengasup Enzim
Salah satu faktor penting dalam proses pencernaan dalam tubuh kita adalah enzim. Enzin sangat bagus dalam peranan mencerna makanan yang masuk pada saluran pencernaan kita. Enzim banyak terdapat pada makanan  yang bersifat alami dan bukan makanan olahan.

Untuk itu untuk terhindar dari masalah gangguan pencernaan maka perbanyak makanan alami yang banyak mengandung enzim.

3. Kombinasi Tepat
Setiap makanan yang kita konsumsi akan memiliki waktu yang berbeda-beda saat dilakukan proses pencernaan oleh enzim pencernaan. Untuk itu makan dalam satu jenis makanan dalam jumlah besar sangat tidak disarankan karena bisa merusak proses pencernaan kita.

Makanlah dengan komposisi yang tepat misalnya protein, karbohidrat, lemak serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan kombinasi menu yang bagus maka akan membuat proses pencernaan menjadi lebih baik.

Baca juga ; inilah 3 produk ampuh hpa internasional untuk detoxs usus

4. Istirahat Setelah Makan
Hal simpel yang sangat disarakan saat kita setelah makan adalah melakukan istirahat selama 10 menit.

Dengan melakukan istirahat sejenak setelah makan maka akan bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih mudah dan maksimal. Anda bisa melakukan duduk manis sambil mengobrol dsb.

5. Latihan Yoga
Saat kita melakukan gerakan-gerakan yoga, maka akan bisa merangsang pencernaan kita menjadi lebih sehat. Gerakan pada yoga dinilai akan mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang sangat diperlukan dalam proses pencernaan makanan.

Selain itu yoga juga sangat berkhasiat dalam mengeluarkan racun dalam saluran pencernaan kita agar menjadi lebih sehat.

Artikel Terkait : apa saja manfaat brokoli selain melancarkan pencernaan dan mencegah kanker


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *