Hpai.inspirasibersama.com – Banyak orang yang sering menahan kencing dengan berbagai alasan. Mulai dari karena sibuk dengan pekerjaan, malas pergi ke toilet, atau dalam keadaan perjalanan macet.Apa yang sering kita lakukan dengan menahan kencing ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu para ahli sangat menyarankan kepada kita untuk tidak suka menahan kencing. Segera lakukan kencing saat kita merasakan ingin kencing.

sumber gambar : http://cantiksehatgue.blogspot.co.id

Secara normal memang kita bisa menahan rasa ingin kencing. Hal ini disebabkan karena dalam kandung kemih manusia dilengkapi dengan otot-otot yang berfungsi untuk menahan air. Apabila kandung kemih kita sudah penuh dengan cairan urin, maka secara otomatis kita akan merasakan rasa ingin buang air kecil. Apabila kita sering mehanan kencing, maka akan bisa menurunkan fungsi otot-otot tersebut.

Saat otot-otot pada kandung kemih menurun fungsinya, maka akan memicu pengerasan pada otot. Akibatnya adalah menyebab kencing menjadi tidak lancar, kencing tidak tuntas, bahkan sampai pada infeksi.

Selain itu air kencing yang sering tertahan pada kandung kemih, akan menyebabkan resiko munculnya banyak bakteri. Jika kita sering mengalami hal ini, maka bisa meningkatkan resiko mengalami infeksi.

Saat terjadi infeksi, maka akan menyebabkan ‘anyang-anyangan’ atau rasa sakit saat buang air kencing dan kencing dalam jumlah yang sedikit. Hal inilah yang disebabkan karena kita sering menahan kencing dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin kita pernah mendengar kalau sering menahan kencing bisa memicu batu ginjal, benarkah demikian ?. Ternyata sering menahan kencing tidak memiliki hubungan dengan terjadinya batu ginjal. Penyebab batu ginjal adalah karena adanya kalsium atau asam urat yang mengendap dalam ginjal yang membentuk kristal.

Itulah dampak jika kita sering menahan kencing. Untuk itu sangat disarankan untuk tidak sering menahan kencing. Lakukan buang air kecil saat kita merasa ada rangsangan untuk pipis.

Artikel Terkait : Penyebab Orang Dewasa Mengalami Mengompol

Berapa Lama Kita Boleh Menahan Kencing ?

Saya yakin hampir setiap orang pernah menahan kencing karena alasan tertentu. Pada kondisi tertentu misalnya saat berada di kendaraan umum, menahan rasa ingin kencing memang tak bisa terhelakkan lagi. Padahal menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan sering menahan kencing berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Menurut para dokter spesialis urologi menyatakan bahwa sering menahan kencing dalam waktu yang lama akan berdampak buruk pada gangguan elektrolit serta metabolik tubuh. Ini artinya jika kebiasaan ini sering kali kita lakukan, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit gagal ginjal.

Bukan hanya itu saja, kebiasaan sering menahan kencing dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan munculnya infeksi. Kondisi ini disebabkan karena kondisi kandung kemih yang penuh dengan urine namun tidak segera kita kosongkan. Bila kondisi ini sering kali terjadi, maka bisa mengakibatkan kandung kemih menjadi pecah.

Melihat banyaknya dampak buruk akibat sering menahan kencing ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk tidak membiasakan menahan kencing dalam waktu yang lama. Sebaiknya tidak menahan kencing lebih dari 3 jam.

Indikasi adanya rasa ingin buang air kecil merupakan sebuah sinyal dari otak yang sudah bekerja sama dengan organ dalam tubuh khususnya ginjal dan organ perkemihan lainnya. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa kita disuruh untuk melakukan buang air kecil karena tampungan urine pada kandung kemih sudah penuh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka bisa memicu munculnya penyakit.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Gejala Gagal Ginjal


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *