Hpai.InspirasiBerasama.com – Dampak yang ditakuti bagi para penderita diabetes yang kadar gula darahnya tinggi adalah gangguan pada organ seksual. Untuk itu para penderita diabetes diharap untuk selalu memantau kadar gula darahnya agar meminimalisir komplikasi pada organ seksual.

Hal ini telah diungkapkan olah Prof. Dr. Agung Pranoto, Sp.PD-KEMD yang mengatakan bahwa komplikasi pada organ seksual bisa terjadi pada pria maupun wanita yang menderita diabetes yang tidak terkontrol gula darahnya. Peningkatan kadar gula darah yang berlangsung terus-menerus bisa mengakibatkan neuropati atau kelainan saraf.

Apabila neuropati atau kelainan saraf ini melanda seorang wanita maka bisa menimbulkan keputihan, nyeri vagina dan vagina kering. Dengan kondisi yang seperti ini maka seorang wanita akan enggan untuk berhubungan seksual.

Sedangkan untuk kalangan pria yang menderita neuropati akan menyebabkan disfungsi ereksi atau tidak mampunya alat kelamin untuk melakukan ereksi. Kondisi ini bisa terjadi pada pria muda yang terkena diabetes tanpa sebab yang pasti. Hal ini akan diperburuk lagi jika kadar gula darah sering tidak terkontrol alias hiperglikemi atau kenaikan kadar gula darah dan diperparah lagi dengan kebiasaan merokok. Apabila kadar gula penderita diabetes dapat dikontrol dengan baik, maka tekanan darah dan kolesterol akan menjadi normal pula.

Artikel Terkait : Dampak Merokok Membuat DNA kita Rusak Permanen


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *