Hpai.inspirasibersama.com – Sekarang ini kalau kita lihat di jalanan, sepeda motor bagaikan semut yang keluar dari sarangnya. Sepeda motor menjadi kendaraan familiar bagi kebanyakan masyarakat Indoensia. Dengan sepeda motor kita bisa menjangkau tempat yang dekat maupun jauh dengan lebih cepat karena hampir bisa dibilang bebas dari macet.

Namun sering kita melihat masyarakat kita yang berkendara sepeda motor tanpa menggunakan helm bahkan jaket sebagai pelindung. Kebiasaan seperti ini tentu sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri.

Apa saja dampak negatif berkendara motor tanpa memakai jaket bagi kesehatan ?

Saat seseorang berkendara motor tanpa menggunakan jaket maka akan menimbulkan gangguan pada kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tekanan angin yang kuat saat berkendara terhadap dada dan polusi udara yang tidak sehat bagi pernapasan. Cobalah untuk berkendara motor paling tidak 10-20 km tanpa menggunakan jaket.

Coba anda rasakan, pasti tubuh anda akan merasakan badan menjadi pegal-pegal dan sangat lelah. Disamping itu kita akn merasakan seperti masuk angin karena tekanan angin yang kuat selama kita berkendara motor.

Ada banyak resiko penyakit pernapasan yang bisa ditimbulkan akibat berkendara tanpa menggunakan jaket. Diantaranya adalah terkena paru-paru basah, bronkhitis, TBC dan ISPA (infeksi saluran pernapasan atas). Untuk itu saat kita berkendara motor usahakan menggunakan jaket.
Untuk jenis jaket yang baik untuk dipakai berkendara motor adalah jaket yang terbuat dari kulit.

Jaket kulit mempunyai kekuatan yang lebih dalam menahan terpaan angin yang kuat saat berkendara. Disamping itu jaket kulit juga sangat kuat dan tidak mudah sobek jika terjadi kecelakaan sehingga tubuh kita menjadi lebih aman.

Jangan memakai jaket yang tipis seperti kaos biasanya. Karena jaket yang tipis kurang maksimal dalam menahan terpaan angin yang kuat saat berkendara. Anda juga bisa menggunakan jaket selain kulit namun memiliki ketebalan yang cukup. Semakin tebal jaket anda, semakin baik bagi kesehatan.

Memang hal ini membuat kita kurang nyaman saat pertama memakai yaitu terasa panas. Tetapi kalau sudah berjalan akan memberikan efek yang sedikit hangat bagi tubuh sehingga membuat pengendara lebih nyaman.

Artikel Terkait : Penyebab Badan Cepat Terasa Lelah


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *