Hpai.inspirasibersama.com – Yoga saat ini menjadi buah bibir dikalangan masyarakat. Ternyata olahraga jenis ini sangat bagus bagi wanita terutama menopause. Bukan hanya wanita saja, pria juga banyak yang menekuni olahraga ini. Bahkan berdasarkan sebuah hasil studi yang menyatakan yoga mempunyai dampak positif bagi wanita menopause.

Menopause merupakan suatu proses yang alamiah. Menopause atau penuaan pada wanita biasanya terjadi pada usia 45-65 tahun. Hal ini ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi selama 12 bulan berturut-turut yang terjadi karena fisiologis akibat hilangnya aktivitas folikular ovarium.

Saat seorang wanita mengalami menopause maka akan terjadi penurunan hormon estrogen yang diakibatkan oleh menurunnya jumlah sel telur pada ovarium. Dengan menurunnya kadar hormon estrogen, maka seorang wanita akan mendapatkan banyak gejala dan tanda menopause. Hal ini terjadi secara alamiah.

Ada banyak perubahan yang cukup signifikan saat seorang wanita memasuki masa menopause dibandingkan dengan sebelum menopause. Salah satu perubahan yang sering terjadi adalah adanya gangguan tidur yaitu insomnia. Para wanita menopause cenderung mengalami susah tidur yang diakibatkan oleh penurunan hormon pada tubuhnya.

Untuk mengatasi gangguan tidur pada wanita menopause, anda bisa melakukan yoga secara rutin setiap hari. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika mengatakan bahwa dengan melakukan yoga secara rutin, maka akan dapat mengurangi insomnia pada wanita menopause.

Anda bisa mulai untuk belajar yoga pada tempat sanggar yang mengajarkan yoga. Atau jika anda tidak mau anda bisa belajar sendiri dengan melihat banyak contoh video yoga yang bisa anda praktekan dirumah. Sebaiknya anda melakukannya setiap hari tetapi jika tidak bisa anda juga boleh melakukannya seminggu sekali.

Artikel Terkait : Bahaya Dibalik Penggunaan Celana Yoga Yang Ketat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *