Hpai.InspirasiBersama.com – Pernahkah anda mengalami terlambat datang bulan ?, jika anda merasa pernah maka tentu akan membuat anda menjadi khawatir. Menstruasi pada seorang wanita merupakan proses alamiah tubuh untuk mengeluarkan darah kotor. Namun ada sebagian wanita yang sering mengalami terlambat datang bulan atau menstruasi sampai menimbulkan kekhawatiran pada diri orang tersebut. Lantas mengapa menstruasi bisa terlambat ?. Mari kita bahas tentang faktor penyebab datang bulan menjadi terlambat.

Salah satu faktor penyebab mundurnya menstruasi pada wanita adalah gangguan hormonal. Ada sebagian wanita yang bisa mengalami kemunduran jadwal menstruasi sampai dua bulan sekali, atau ada juga wanita yang mengalami percepatan datang bulan sampai dua minggu sekali terjadi menstruasi.

Disamping faktor hormonal yang mempengaruhinya, kondisi fisik seorang wanita juga memegang pengaruh terhadap menstruasi. Misalnya saat kondisi seorang wanita sedang sakit atau tidak sehat maka bisa berakibat kacaunya jadwal menstruasi. Ada juga yang pada saat badan tidak sehat melakukan konsumsi obat tertentu yang bisa berakibat pada mundurnya jadwal menstruasi dan ini bisa membuat jadwal menstruasi seorang wanita menjadi kacau.

Menstruasi pada wanita terjadi saat adanya sebuah siklus sel telur yang berada pada masa subur yang tidak terjadi pembuahan dan melewati masa subur sehingga harus dikeluarkan oleh tubuh kita.

Faktor tidak komplitnya siklus tersebut yang membuat menstruasi pada wanita menjadi lambat. Inilah alasan mengapa banyak wanita yang merasa tenang saat terjadi kemunduran jadwal menstruasi.

Selain itu faktor emosianal juga mempengaruhi lambatnya datang bulan. Saat seorang wanita mengalami stres, cemas dan sedih yang lama maka akan membuat sel telur akan lebih lama bertahan sehingga menyebabkan menstruasi menjadi lambat. Bahkan dalam kondisi ini, tidak jarang sel telur baru akan dilepas saat emosional seorang wanita menjadi stabil.

Itulah tadi beberapa faktor penyebab datang bulan menjadi terlambat. Dengan mengetahui faktornya, maka diharapkan para wanita menjadi lebih tenang saat terjadi kemunduran jadwal menstruasi. Hal terpenting adalah menjaga kondisi tubuh anda tetap sehat bebas dari rasa stres yang berlebihan yang bisa membuat siklus haid menjadi lambat. Apabila anda mengalami gangguan siklus haid yang sangat tidak wajar, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan solusi dari masalah anda.

 

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *