Hpai.inspirasiBersama.com – Sekarang ini banyak sekali beredar minuman berenergi yang memberikan suntikan energi. Namun dibalik manfaat tersebut, sering minum-minuman berenergi bisa menyebabkan gangguan liver atau lebih dikenal dengan hepatitis.

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah kisah seseorang yang rutin mengkonsumsi minuman berenergi selama tiga minggu, akibatnya pria 50 tahun tersebut menderita penyakit hepatitis akut.

sumber gambar : hellosehat.com

Hepatitis berarti adanya sebuah peradangan atau infeksi yang terjadi pada hepar atau liver. Sedangkan akut bersifat mendadak yang bisanya disebabkan karena adanya faktor efek mengkonsumsi obat tertentu, suplemen dan vitamin. Kondisi ini bisa menyebabkan liver kita rusak yang bisa berujung pada kematian.

Selama mengkonsumsi minum-minuman berenergi selama tiga minggu, pria tersebut mengaku kepada salah seorang dokter di sebuah rumah sakit mengeluhkan rasa mual, nyeri perut, muntah, terjadi penurunan nafsu makan dan badan terasa lemas.

Setelah dilakukan anamnese atau pengkajian oleh dokter, diketahui pria 50 tahun tersebut juga merasakan warna air kencing yang tidak seperti biasanya. Dia menceritakan kalau air kencingnya berwarna kuning gelap.

Setelah ditanya oleh dokter tentang apa yang dia konsumsi selama ini, pria tersebut mengaku tidak mengkonsumsi obat atau vitamin tertentu. Namun dia mengaku kalau setiap hari mengkonsumsi minuman berenergi selama tiga minggu.

Dalam pemeriksaan dokter, pria ini diketahui merasakan rasa nyeri perut dekat dengan liver. Gejala selanjutnya juga kulitnya tampak ikterus atau kekuningan pada kulit.

Setelah dilakukan sebuah pemeriksaan laboratorium ternyata pria ini positif mengalami hepatitis yang bersifat akut. Selain itu diketahui pula kalau pria ini juga mengidap hepatitis C kronis atau menahun.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Dalam sebuah minuman berenergi tentunya memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi. Bahkan dalam satu kaleng minuman berenergi mengandung dua kali lipat kebutuhan vitamin B3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu kaleng minuman berenergi biasanya mengandung 40 mg vitamin B3.

Diketahui kalau pria tersebut dalam sehari mampu mengkonsumsi rata-rata 4-5 kaleng minuman berenergi. Jadi kalau kita hitung dalam sehari pria tersebut mengkonsumsi vitamin B3 sebanyak 160 sampai 200 mg. Jumlah itu sudah jauh melebihi kebutuhan vitamin B3 yang direkomendasikan. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B3, maka efeknya justru bisa menjadi sebuah toksin atau racun bagi liver kita.

Demikianlah Dampak minuman berenergi bijaklah dalam mengkonsumsi bila anda ingin mengkonsumsi fikirkanlah baik-baik karena lambat laun efek nya jahat pada tubuh.

Baca juga ; Mengenal kopi black radix hpa  internasionalpak haji imail


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *