Hpai.inspirasibersama.com – Setiap manusia secara normal akan mengalami yang namanya proses penuaan. Hal ini seiring dengan bertambahnya usia kita. Meskipun penuaan adalah sebuah proses yang alami, namun kita bisa memperlambat proses penuaan ini dengan banyak hal.
Banyak kita jumpai orang dengan usia yang terbilang muda namun terlihat seperti 10 tahun lebih tua dari usia aslinya. Ada juga yang masih mudah namun sudah keriput dan beruban.

Banyak hal yang bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Berikut beberapa faktor yang bisa mempercepat penuaan dini :

1. Kesehatan mental
Saat seseorang sering mengalami stres, cemas dan depresi maka akan membuat proses penuaan akan semakin cepat. Kesehatan mental menjadi hal yang sangat penting untuk kita terhindar dari penuaan dini. Saat seseorang mengalami stres maka akan ada penurunan kesehatan fisik juga dalam tubuhnya. Hal inilah yang membuat stres bisa mempercepat penuaan dini.

2. Pola makan
Ternyata pola makan yang tidak sehat bisa membuat seseorang mengalami percepatan penuaan dini. Saat kita makan makanan yang tidak sehat, maka akan ada banyak radikal bebas serta lemak jahat yang bisa membuat kulit kita serta kesehatan secara umum menjadi menurun dan rentang terhadap penyakit seperti kanker, jantung, hipertensi, diabetes dan stroke.

Pola makan yang disarankan adalah dengan banyak makan sayur dan buah-buahan sehingga mampu melawan radikal bebas yang masuk pada tubuh kita yang bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Pola tidur
Banyak orang yang mengabaikan tentang pola tidur. Padahal pola tidur yang salah akan bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Para ahli merekomendasikan untuk tidur selama 6-8 jam sehari pada waktu malam hari. Saat kita mengalami kurang tidur maka akan bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan organ tubuh kita secara umum. Jadi untuk menjaga agar tidak terjadi penuaan dini, maka terapkan pola tidur yang teratur yaitu 6-8 jam pada malam hari.

Baca juga : Solusi produk herbal hgh hpa internasional untuk mencegah Penuaan Dini

4. Merokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol mempunyai peranan yang besar terhadap penuaan dini seseorang. Hal ini dikarenakan rokok dan alkohol banyak mengandung radikal bebas yang sangat membahayakan kesehatan tubuh serta mempercepat penuaan dini.

Saat seseorang mempunyai kebiasaan merokok maka akan meningkatkan resiko penyakit paru-paru dan ginjal. Selain itu merokok dan minum alkohol akan membuat kulit menjadi lebih cepat keriput dan menurun elastisitasnya.

Artikel Terkait : makanan apa saja yang kaya akan kandungan antioksidan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *