Hpai.inspirasibersama.com – Indonesia termasuk negara dengan angka obesitas yang tinggi. Padahal obesitas bukan indikator sehatnya seseorang, melainkan indikator seseorang rentan terkena beberapa penyakit yang membahayakan. Kebanyakan orang beranggapan obesitas disebabkan oleh perilaku makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Padahal bukan hanya pada pola makan saja yang menyebabkan seseorang menjadi obesitas, ada beberapa penyebab lain seseorang mengalami obesitas.

Berikut beberapa Penyebab Seseorang Mengalami Obesitas :

1. Gen
Penyebab utama orang mengalami obesitas adalah karena adanya gen obesitas dari orang tua. Saat anda merasa makan tidak dalam jumlah yang banyak tetapi kok badan menjadi obesitas, maka bisa dipastikan anda mempunyai genetik obesitas dari orang tua anda. Jika masalahnya adalah genetik, ini menjadi sulit untuk menghindarinya. Solusinya adalah anda harus rajin melakukan olehraga untuk membakar lemak jahat yang terdapat pada tubuh anda.

2. Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat-obatan yang mempunyai efek samping menaikkan berat badan kita. Obat-obatan itu seperti anti-psikotik dan anti-depresan. Apabila kita mengkonsumsi obat-obatan tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka efek sampingnya adalah bisa membuat tubuh kita menjadi gemuk.

3. Asupan gula berlebih
Apabila anda mempunyai pola makan sering mengkonsumsi gula maka sangat disarankan untuk menurunkannya. Mengapa ? karena saat banyak kandungan gula dalam tubuh, maka akan bisa mengganggu keseimbangan hormon yang bisa meicu peningkatan berat badan. Selain itu terlalu banyak konsumsi gula bisa memicu penyakit diabetes.

4. Kurang olahraga
Jika kita kurang melakukan olahraga, maka besar kemungkinan kita akan mengalami obesitas. Saat kita jarang melakukan olahraga maka akan ada banyak tumpukan lemak dan kalori yang tidak bisa dibakar oleh tubuh sehingga akan menumpuk pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kita menjadi obesitas.

5. Merokok dan minum alkohol
Selain faktor diatas, merokok dan kebiasan minum olkohol juga akan memicu seseorang menjadi gemuk. Disamping itu merokok dan minum alkohol akn memicu berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya termasuk memicu kanker.

6. Stres
Kita pasti pernah mengalami stres. Secara penelitian stres juga akan memicu seseorang menjadi obesitas. Karena saat kita stres, maka akan mendorong kita untuk melakukan ngemil lebih banyak dari biasanya. Ini akan bisa membuat berat badan kita menjadi naik.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *