Hpai.inspirasibersama.com – Memiliki seorang anak yang gemuk memang bukan hal yang menyenangkan. Seorang anak yang mengalami kegemukan akan cenderung mengalami banyak tekanan psikologis yang berasal dari lingkungan sekitar. Hal ini tentu kurang bagus bagi perkembangan tubuh anak.

Banyak orang tua yang masih bingung bagaimana memperlakukan seorang anak yang mengalami obesitas. Bagaimana cara pendekatan agar anak tidak sampai mengalami depresi. Jika ternyata anda mengalami hal yang demikian, maka sangat disarankan para orang tua untuk melakukan beberapa hal berikut :

1. Jadilah seorang model bagi anak

Langkah pertama yang harus dilakukan para orang tua jika memiliki anak yang obesitas adalah harus bisa menjadi model atau teladan bagi anaknya sendiri. Saat anak kita obesitas, maka sebagai orang tua harus mengajarkan pola makan yang lebih sehat dengan cara memberikan contoh seperti apa yang dilakukan oleh orang tua. Kita harus menjadi contoh dari anak kita sendiri dalam hal pola makan yang sehat.

Contoh sederhananya adalah apabila kita menginginkan agar anak kita tidak suka ngemil, maka sebaiknya kita tidak membeli banyak camilan di rumah yang tidak sehat. Buat camilan yang lebih sehat dengan membiasakan suka makan buah.

2. Buatlah acara makan sebagai suatu akvitas tersendiri

Selanjutnya yang harus dilakukan orang tua saat anaknya mengalami obesitas adalah dengan mendidik saat makan tidak dengan melakukan aktivitas lain seperti melihat TV, sambil mainan gadget atau berlari-lari. Ajarkan kepada anak saat makan untuk fokus makan dan tidak sambil melakukan aktivitas lain.

Mengapa hal ini sangat penting, menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa saat seorang anak makan sambil melakukan aktivitas misalnya menonton televisi, maka anak akan kurang bisa merasakan kenyang. Kondisi ini tentu kurang bagus jika anak kita mengalami obesitas.

3. Batasi waktu menonton televisi hingga bermain komputer

Hal ketiga yang harus dilakukan orang tua saat anaknya mengalami obesitas adalah membatasi jam menonton televisi dan bermain gadget. Mengapa hal ini penting ?. Berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa anak yang lebih banyak menghabiskan menonton televisi atau bermain gadget akan menyebabkan aktivitasnya kurang. Kondisi ini akan memicu obesitas pada anak.

Dengan membatasi jam menonton televisi dan bermain gadget, maka akan membuat anak untuk lebih suka bermain di luar yang membuatnya lebih banyak bergerak aktif. Hal ini tentu sangat bagus untuk bisa menurunkan berat badannya.

4. Fokus pada sasaran yang positif

Yang terakhir yang perlu dilakukan para orang tua saat anak mengalami obesitas adalah dengan melatih anak untuk fokus pada tujuan yang positif. Misalnya saja mengajak anak untuk fokus bermain bola selama 15 menit. Anda harus berusaha fokus berolahraga bersama anak yang mempunyai tujuan yang sangat baik bagi kesehatan dan berat badan anak.

Baca Juga : Pola Makan Anak Akan Meniru Orang Tuanya

Kategori: Artikel kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *