Hpai.inspirasibersama.com – Ada banyak orang yang mengalami kulit kering, gatal-gatal dan bahkan ada yang sampai infeksi yang disebabkan karena kebiasaan mandi yang salah. Mereka tidak sadar kalau apa yang dilakukan selama mandi membuat kulit menjadi mudah iritasi.

Berikut beberapa kebiasaan saat mandi yang bisa  menyebabkan kulit iritasi :

Mandi dengan air shower yang masih ber-uap
Pernahkah anda menggunakan air shower yang masih panas atau ber-uap ? Jika pernah maka itulah yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi eksim. Hal ini sesuai dengan pernyataan Mellisaa Pilliang, MD yang merupakan seorang ahli dermatologi yang berasal dari Klinik Cleveland.

Apabila kita menginginkan mandi dengan efek air yang hangat, maka jangan gunakan air yang terlalu panas. Anda bisa membiarkan dulu air panas yang keluar dari shower anda, tunggu sampai terasa tidak terlalu panas dan siap untuk digunakan mandi.

Menggunakan sabun antibakteri setiap mandi
Jika anda sering mengalami kulit yang kering, bisa jadi disebabkan oleh penggunaan sabun antibakteri setiap hari. Hal ini disebabkan sabun antibakteri mengandung deterjen yang keras sehingga bisa merusak minyak alami pada kulit kita.Solusinya anda bisa menggunakan sabun mandi biasa tanpa antibakteri.

Selain itu bahan utama sabun mandi yaitu triclosan menurut FDA ( US Food and Drug Administration ) bisa berefek kurang baik bagi kesehatan manusia karena bisa mengubah kadar hormon. Selain itu sebuah studi juga mengatakan penggunaan sabun antibakteri berhubungan dengan resistensi seseorang terhadap antibiotik.

Menggunakan spon yang kasar
Secara alami kulit kita tidak membutuhkan spon untuk menggosok kulit kita agar bersih. Cukup dengan menggunakan tangan dan sabun saja sudah cukup. Anda bisa menggunakan spon hanya pada area kulit yang cukup sulit misalnya lipatan pada kaki dan tangan, ketiak dan selangkangan.

Penggunaan spon kasar saat mandi akan membuat minyak alami kulit kita menjadi rusak dan bisa menyebabkan kulit menjadi eksim dan kering.

Tak membersihkan pisau cukur
Bagi seorang pria biasanya sering menaruh pisau cukur pada kamar mandi. Setelah menggunakannya sebaiknya anda bilas dengan air panas untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada pisau cukur.

Kalau pisau cukur digunakan lebih dari satu kali dan tidak mencucinya terlebih dahulu menggunakan air panas, maka akan membuat kulit kita terpapar bakteri bahkan sampai menimbulkan infeksi. Anda juga bisa mengganti pisau cukur seminggu sekali.

Lupa memakai alas kaki
Apabila kita menggunakan kamar mandi umum, maka sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki atau sandal khusus untuk ke kamar mandi. Hal ini dikarenakan kamar mandi umum cenderung kotor dan banyak bakteri yang menempel pada lantai kamar mandi.

Apabila kita tidak menggunakan alas kaki maka bisa membuat kulit kaki kita mengalami kutu air, gatal-gatal bahkan sampai infeksi.

Artikel Terkait : obat gatal alami hpa internasional pak haji ismail


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *