Hpai.inspirasibersama.com – Banyak orang yang tidak sadar melakukan hal yang bisa merusak kesehatan jantung. Padahal kita tahu bahwa jantung merupakan organ vital tubuh yang paling penting. Dengan jantung yang sehat membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga kerja organ tubuh yang lain menjadi maksimal.

Apa saja kebiasaan yang bisa merusak kesehatan jantung ?

Para ahli kesehatan menyatakan kesehatan jantung sangat erat hubungannya dengan pola makan. Apabila kita melakukan pola makan yang tidak sehat maka akan membuat jantung kita juga tidak sehat.

Salah satu pola makan yang tidak sehat adalah banyak makan-makanan yang mengandung garam. Dengan makan-makanan yang banyak mengandung garam akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi yang bisa membahayakan jantung kita.

Makanan yang dibumbui dengan garam memang membuat para penikmat makanan menjadi ketagihan. Namun kita harus tahu berapa jumlah maksimal  garam yang diperbolehkan untuk kita konsumsi.

Menurut para pakar kesehatan jumlah garam yang boleh kita konsumsi dalam sehari tidak lebih dari 1.500 miligram. Hal ini dikarenakan kandungan natrium pada garam akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kebiasaan selanjutnya yang bisa merusak jantung adalah stres. Banyak orang yang mengalami stres akibat tekanan pekerjaan yang berlebihan. Saat seseorang mengalami stres maka akan meningkatkan denyut jantung sehingga jantung bekerja ekstra keras dan bisa merusak jantung.
Bagi anda yang sering bekerja dalam posisi duduk maka anda beresiko tinggi untuk terkena penyakit jantung yaitu gagal jantung. Anda harus berusaha untuk tetap gerak meskipun bekerja dalam keadaan duduk.

Kurang tidur pada malam hari juga memicu kerusakan jantung. Sering sekali kita menjumpai seseorang yang terlalu memforsir pekerjaan sampai larut malam sehingga membuat waktu tidur menjadi kurang. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung karena saat kita kurang tidur maka jantung cenderung berdetak lebih kencang dari biasanya.

Bagi kalangan anak muda yang melampiaskan stres dengan merokok dan minum alkohol akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Kandungan zat berbahaya pada rokok, asap rokok dan alkohol akan secara perlahan merusak jantung kita.
Apabila kita ingin mempunyai jantung yang sehat maka anda harus menghindari beberapa perilaku diatas.

Dengan begitu anda akan mempunyai jantung yang sehat dan tentunya tubuh yang sehat secara umum.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Ringan Penyakit Jantung


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *