Hpai.inspirasibersama.com –Khasiatat makan pare bagi penderita diabetes. Mungkin sebagian besar kita sudah mendengar kalau jenis sayuran yang rasanya pahit ini bermanfaat bagi penderita diabetes. Itu adalah benar, ternyata konsumsi pare sangat baik bagi penderita diabetes.

Khasiat makan pare telah dibuktikan oleh masyarakat Okinawa Jepang yang mempunyai kebiasaan suka makan pare. Dari kebiasaan tersebut ternyata penduduk Okinawa terkenal mempunyai umur yang panjang.

Kalau dilakukan sebuah analisa laboratorium, dalam sayuran pare mengandung kemampuan hipoglikemik atau dalam bahasa umum mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Namun ternyata bukan hanya itu saja, pare juga sangat bagus dalam mengontrol kadar insulin dalam tubuh kita yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Dalam sayuran pare terkandung beberapa zat yang bermanfaat yang bernama charantin, alkaloid, dan peptida yang berkhasiat meningkatkan produksi protein yang berfungsi dalam penyerapan glukosa dalam darah.

Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, maka terjadi kerusakan pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin. Dengan kandungan charantin pada pare ternyata bisa memicu pertumbuhan sel beta pankreas sehingga kemampuan untuk memproduksi insulin kembali normal.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pare juga mengandung sebuah antivirus dan antibakteri yang bisa kita gunakan untuk membunuh penyakit infeksi yang disebabkan karena salmonella, e. Colli, herpes, parasit, malaria bahkan virus yang berbahaya seperti HIV. Selain itu ekstrak pare juga bisa digunakan untuk mengatasi tumor prostat dan beberapa jenis kanker.

Melihat begitu banyaknya manfaat sayuran pare bagi kesehatan kita, maka tidak ada alasan bagi kita untuk mengkonsumsinya. Memang pare mempunyai rasa yang pahit, namun untuk mengkonsumsinya kita bisa bentuk dalam olahan jus, ekstrak, sayuran dll. Bagi anda yang sedang hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayuran pare.

Artikel Terkait : Apakah Boleh Penderita Diabetes Minum Teh ?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *