Hpai.inspirasibersama.com – Asupan makanan yang sehat dan bergizi menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan ibu terutama bagi janin yang dikandung. Dengan nutrisi yang bergizi maka akan bisa berdampak pada kecerdasan bayi. Lantas apa manfaat makan ikan tuna saat hamil ?

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa bagi seorang ibu hamil yang sering mengkonsumsi ikan tuna akan membuat perkembangan kognitif atau kecerdasan anak meningkat. Disamping itu dapat juga menghindarkan dari penyakit autisme pada anak.

Penelitian ini dilakukan oleh pemerintah Spanyol dengan melibatkan 2.000 wanita hamil yang ada di Spanyol. Mereka diminta untuk mengisi sebuah kuesioner untuk mengetahui asupan makanan selama hamil terutama jenis ikan yang dikonsumsi.

Setelah anak mereka lahir maka para peneliti melakukan pengamatan skor kognitif anak pada usia 14 bulan dan lima tahun. Hasilnya bagi ibu hamil yang sering konsumsi ikan tuna minimal 600 gr per minggu mampu meningkatkan skor IQ anak sebesar 2,8 poin.

Kita tahu bahwa ikan tuna kaya akan kandungan DHA yang sangat bagus bagi kecerdasan otak. Dengan memiliki anak yang cerdas pasti semua orang tua akan merasa senang karena akan memudahkan anak untuk berprestasi di pendidikan.

Bagi wanita yang sedang hamil banyak hal yang harus diperhatikan agar kehamilan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun. Para ahli juga mengingatkan pentingnya berat badan yang ideal selama hamil. Bagi ibu hamil yang tidak dapat mengendalikan hasrat makan, maka akan membuat ibu hamil menderita diabetes gestasional yang meningkatkan resiko ibu menderita diabetes selama melahirkan.

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil ?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *