Hpai.inspirasibersama.com –Salah jika punya anggapan diabetes hanya terjadi pada orang yang gemuk saja. Ternyata memiliki badan yang ideal atau kurus bukan berarti aman dari ancaman diabetes. Diabetes juga bisa menyerang mereka yang tergolong kurus atau punya berat badan ideal.

sumber gambar : merdeka.com

Bagi anda yang saat ini mempunyai tubuh yang kurus dan jarang berolahraga, maka waspada kondisi pre-diabetes atau kadar gula yang meningkat melebihi batasan normal. Kondisi ini belum bisa dikatakan diabetes, tetapi pre-diabetes.

Kondisi ini dibuktikan berdasarkan pernyataan pakar kesehatan yang berasal dari AS yang bernama Arch Mainous yang menyatakan bahwa ada banyak orang kurus yang ternyata memiliki kondisi metabolik yang buruk.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil studi dengan melibatkan 1000 orang di AS dengan rentan usia lebih dari 20 tahun. Dari semua responden diketahui tidak ada satupun yang tergolong obesitas, artinya memiliki berat badan yang normal dan tidak terdiagnosa diabetes.

Diketahui sekitar 45 persen responden yang memiliki gaya hidup kurang aktif bergerak dan banyak melakukan duduk, mengalami kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal atau pre-diabetes.

Jadi meskipun memiliki berat badan yang normal, jangan lantas beranggapan pasti lebih sehat. Orang dengan berat badan ideal juga bisa mengalami banyak penumpukan lemak, yang artinya lebih banyak lemak dibandingkan dengan otot.

Baca Juga : Ciri Orang Kurus Yang Banyak Timbunan Lemak

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka sebaiknya kita tetap banyak melakukan aktivitas fisik atau rutin berolahraga. Tidak hanya itu saja kita juga harus memperhatikan asupan kalori atau perhatikan pola makan sehat.

Jika kondisi pre-diabetes yang terjadi pada orang kurus atau memiliki berat badan normal diabiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan akan menjadi diabetes. Oleh karena itu jika sudah diketahui kondisi pre-diabetes, maka itulah kesempatan bagi kita untuk merubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Artikel Terkait : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

Kebanyakan orang menganggap orang yang kurus akan bebas dari diabetes. Memang benar diabetes atau kencing manis lebih disebabkan karena faktor kegemukan atau obesitas. Namun bukan berarti orang yang memiliki tubuh kurus bebas dari diabetes.

Orang kurus yang bagaimana yang juga rentan menderita diabetes ? Menurut salah seorang ahli diabetes yang bernama Prof.Dr. Sidartawan Soegondo, SpPd-KEMD mengatakan jika seseorang yang memiliki bentuk tubuh kurus namun memiliki lingkar pinggang atau perut yang buncit, maka memiliki resiko terkena diabetes.

Ada ukuran standar lingkar pinggang agar kita terhindar dari diabetes. Untuk seorang perempuan, sangat dianjurkan tidak melebihi 80 cm. Sedangkan bagi seorang pria, tidak disarankan memiliki lingkar pinggang lebih dari 90 cm.

Memang benar, kalau kita mengamati seseorang yang terlihat kurus namun ternyata memiliki perut atau lingkar pinggang yang besar. Kondisi ini menunjukkan adanya banyak penumpukan lemak dalam perutnya.

Mengapa timbunan lemak bisa memicu diabetes ? Hal ini disebabkan karena orang yang memiliki banyak timbunan lemak dalam tubuhnya akan membuat insulin menjadi resisten.

Kita tahu bahwa fungsi dari insulin adalah melakukan kontrol atau menetralkan kadar gula yang tinggi.

Jika insulin dalam tubuh kita menjadi resisten, maka dapat dipastikan membuat kadar gula darah kita menjadi tinggi. Tingginya kadar gula juga akan terjadi pada pembuluh darah.

Untuk itu meskipun kita memiliki bentuk tubuh yang tidak gemuk, maka tetap disarankan untuk menjaga hidup sehat agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh kita. Apabila anda termasuk orang yang mempunyai keturunan diabetes, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula.

Namun jika ternyata saat ini anda termasuk orang yang tergolong gemuk, maka sangat penting untuk menurunkan berat badan anda. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa dengan menurunkan berat badan 5-10 persen terbukti mampu menurunkan resiko diabetes bahkan sampai 50 persen.

Untuk menurunkan resiko diabetes, sangat penting pula untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari setidaknya 30 menit. Selain itu penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat. Dengan melakukan rutin olahraga, maka bisa menurunkan resiko diabetes sampai 27 persen.

Artikel Terkait : Apakah Stres Juga Bisa Memicu Diabetes ?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *