Hpai.inspirasibersama.com – Kita pasti pernah mengalami nyeri perut setelah makan. Kabanyakan dari kita menganggap nyeri perut setelah makan disebabkan oleh faktor makanan atau porsi makan yang terlalu banyak. Selain itu saat kita makan-makanan yang terlalu pedas juga bisa menyebabkan perut terasa nyeri. Namun tahukah kita nyeri perut setelah makan bisa jadi pertanda ada yang salah pada saluran pencernaan kita. Berikut alasan mengapa setelah makan terasa sakit perut.

Kemungkinan pertama adalah adanya gangguan pada organ pankreas. Saat pankreas mengalami masalah, maka proses pencernaan makanan juga ikut bermasalah. Hal ini disebabkan karena saat pankreas mengalami masalah, maka enzim yang dihasilkan justru bisa merusak saluran pencernaan.

Pada kondisi terjadi kerusakan jaringan inilah yang membuat perut terasa sakit setelah kita makan. Selain pada pankreas, kerusakan pada usus kecil juga kerap terjadi yaitu adanya sumbatan atau obstruksi. Saat usus kecil mengalami sumbatan, maka membuat makanan yang melewati saluran pencernaan menjadi menumpuk dan menyebabkan perut menjadi kram.

Bagi anda yang mengalami usus buntu juga akan merasakan nyeri hebat setelah makan. Nyeri terjadi pada bagian perut kanan bawah. Hal ini disebabkan karena usus buntu mengalami peradangan sehingga bisa membuat imunitas kita menjadi menurun. Selain itu penyakit batu empedu juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada perut setelah makan.

Jika anda mengalami intoleransi laktosa atau ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa misalnya susu bisa membuat rasa sakit setelah kita makan. Ada beberapa orang yang mengalami penyakit ini. Rasa sakit pada perut bisa berupa kram disertai nyeri terjadi pada perut bagian kanan bawah.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Secara Alami


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *