Manfaat Akar Tebu Gajah

Tebu Gajah

Tebu dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan gula tinggi yang disimpan pada batangnya. Ada juga jenis tebu yang memiliki struktur tanaman berbeda dengan tebu yang banyak dikenal oleh masyarakat luas, yakni tebu gajah. Tidak mirip dengan tanaman tebu, tebu gajah lebih mirip dengan tanaman putri malu. Meskipun memiliki bentuk tanaman yang berbeda dengan tebu batang, tanaman yang memiliki nama latin Albizia myriphilla ini juga memiliki kandungan air gula di dalamnya sekitar 20%.


Kandungan Senyawa Tebu Gajah

Tebu gajah memiliki kandungan air gula 20% di dalamnya, serta memiliki kandungan senyawa kimia lainnya. Beberapa kandungan dalam tebu gajah diantaranya saccharant, vitamin B, asam lemak, dan octacosanol. Selain memiliki rasa yang manis, tebu gajah memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Meskipun tidak semanis tebu batang, tebu gajah dapat menjadi salah satu tanaman yang menghasilkan gula.


Apa Manfaat Tebu Gajah

Rasa manis dari tebu gajah memang tidak semanis tebu batang yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Akan tetapi, tebu gajah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1.Sebagai Antidiabetes

Tebu gula memang memiliki kadar gula sebesar 20%, akan tetapi mengkonsumsi tebu gajah tidak akan menyebabkan kambuhnya penyakit diabetes yang diderita oleh seseorang. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan saccharant dala tebu gajah. Saccharan memiliki sifa antidiabetes, sehingga mengkonsumsi jenis tanaman yang mengandung saccharan, meskipun memiliki kadar gula yang cukup tinggi tetap aman bagi penderita diabetes.

2.Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain aman untuk penderita diabetes karena kandungan saccharantnya, tebu gajah juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa octacosanol di dalam air tebu gajah, bekerja sebagai alcohol rantai panjang, dimana fungsi alcohol rantai panjang ini bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3.Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan Octacosanol dalam tebu gajah dapat menurunkan kadar kolesterol, termasuk kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah. Octacosanal menghilangkan plak yang disebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah, sehingga jalannya peredaran darah menjadi lancar karena tidak terganggu oleh plak pada dinding pembuluh darah yang dapat menghambat jalannya sirkulasi darah.

4.Mengatasi Batuk

Penderita batuk biasanya akan lebih parah apabila mengkonsumsi makana atau minuman manis. Akan tetapi, berbeda dengan pemanis lainnya yang dapat memperparah batuk, memanfaatkan tebu gajah malah dapat membantu menyembuhkan batuk. Kandungan di dalam tebu gajah dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga dahak lebih mudah untuk keluar dan batuk lebih cepat sembuh.

5.Menurunkan Panas

Kandungan di dalam tebu gajah memang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, akan tetapi tidak hanya kandungannya saja, tebu gajah juga dapat dimanfaatkan ampasnya. Ampas tebu gajah dikenal dapat digunakan untuk menurunkan panas. Dengan menempelkan ampas tebu gajah ada kening, panas tubuh akan berangsur menurun.

6.Menyembuhkan Luka

Apabila terkena luka pada kulit, beberapa orang akan menempelkan handsaplas pada bagian yang terluka. Selain menggunakan handsaplast, menyembuhkan luka pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan ampas tebu gajah. Menempelkan ampas tebu gajah pada bagian yang terkena luka, akan membantu penyembuhan luka. Kandungan yang masih tersisa di dalam ampas tebu gajah dapat mempercepat proses pengeringan luka, sehingga luka  dapayt sembuh dengan cepat.

Meskipun berbeda dengan tebu yang banyak dikenal, tebu gajah tidak kalah manfaatnya untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tidak hanya kandungannya, bahkan ampas dari tebu gajah juga memiliki manfaat untuk penyembuhan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *