Mengenal Mengkudu Hutan Tanaman mengkudu bisa bertumbuh subur , jadi tanaman ini
bersifat mendunia dan banyak digunakan oleh banyak suku-suku bangsa di dunia ,
tetapi khususnya kita mengetahui tanaman ini tumbuh di Indonesia dan
negara-negara Asean. tanaman mengkudu ini ternyata bukan hanya sari buahnya
yang digunakan , tetapi juga sari daun , sari akar , bahkan juga sari batang
mudanya. Tanaman mengkudu memiliki batang yang tidak terlalu tinggi. Tinggi
pohon mengkudu biasanya berkisar antara tiga sampai delapan meter. Daunnya
bersusun berhadapan dan bunganya memiliki bentuk bongkol kecil – kecil berwarna
putih.

Buah mengkudu
berwarna hijau berbentuk lonjong dengan trotol – trotol. Di dalam daging buah,
terdapat biji kecil – kecil yang banyak. Buah mengkudu memiliki bentuk yang
lonjong dengan bintik bintik hitam pada bagian tubuhnya. Biasanya, mengkudu
yang masih mentah berwarna hijau dan mengkudu yang sudah matang akan berwarna
putih. Pohon mengkudu memiliki tinggi antara 3 sampai 8 meter. Selain itu
tanaman ini juga cukup mudah untuk ditanam dengan sedikit perawatan. Buah
mengkudu seringkali disebut dengan pace, kura, nono, atau atau noni. Buah dengan
nama latin Morinda Citrifolia ini selain karena manfaatnya yang besar juga
cukup terkenal dengan aroma dan rasanya yang aneh. Banyak orang yang mengatakan
bahwa buah mengkudu ini memiliki rasa yang pahit dan busuk, sehingga membuat
orang – orang enggan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Padahal kalau
dipikir – pikir, manfaat yang ditawarkan oleh buah mengkudu sangatlah besar
bagi kesehatan.

Mengenal Manfaat Mengkudu

Manfaat buah mengkudu mampu memperbaiki kesehatan, kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuat buah mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi mengkudu atau pace.

  1. Meredakan sakit kepala

Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik).  Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

  1. Melancarkan pencernaan

Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

  1. Anti inflamasi

Manfaat buah mengkudu yang memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena gejala penyakit jantung.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.

  1. Anti bakteri

Di dalam buah mengkudu, terdapat juga sifat anti bakteri yang terkandung dalam senyawa antrakuinon dan terpana, memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Dislipidemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan faktor utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular. Sebuah tim peneliti Pakistan-Saudi menggunakan ekstrak air dan etanol berbasis buah mengkudu, daun dan akar untuk mengobati tikus laboratorium di mana dislipidemia telah diinduksi. Mereka menemukan bahwa ketiga ekstrak secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida pada hewan yang telah memiliki dislipidemia diinduksi melalui pemberian diet tinggi lemak. Hasil yang dipublikasikan di edisi 2010 “Lipid dalam Kesehatan dan Penyakit.”

Zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.Baik untuk menurunkan kolesterol:

  1. Mencegah Kanker

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Baik untuk mencegah kanker:

  1. Mengobati Asam Urat

Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

Baik untuk asam urat:

  1. Mengobati Diabetes

Zat proxeronine adalah zat yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya sekali jika diabetes basah terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya. Sehingga proses amputasi harus dilakukan.

Baik untuk diabetes:

  1. Mengobati Penyakit Gondok

Gondok disebabkan oleh kelenjar tyroid yang mengalami pembengkakan. Cara pengobatan dengan menggunakan buah pace sangat mudah sekali yaitu dengan mengurangi konsumsi garam dan menggunakan kalung buah pace yang masih mengkal. Selain itu mengkonsumsi buah mengkudu atau pace secara teratur bisa mengecilkan kelenjar tyorid yang ada di leher.Baik untuk penyakit gondok:

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kulit dan kesehatan. Sekarang ini banyak radikal bebas di sekitar kita. Untuk menangkal radikal bebas diperlukan konsumsi buah mengkudu secara teratur. Caranya bisa mengkonsumsi obat herbal dari sari mengkudu atau mengkonsumsi mengkudu secara langsung. Zat bioaktif di dalam mengkudu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.Baik untuk radikal bebas:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Mengkudu atau pace bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Zat scopoletin bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Hal itu dikarenakan zat scopeletin bisa melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Baik untuk melancarkan peredaran darah:

  1. Mengobati Infeksi

Infeksi bisa diakibatkan oleh berbagai macam bakteri yang ada di dalam tubuh. Zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang bisa membuat infeksi lebih parah. Selain membunuh bakteri, zat anti bakteri tersebut bermanfaat untuk mengontrol bakteri di dalam tubuh.

Baik untuk infeksi:

  1. Meredakan Batuk

Batuk bisa disebabkan bakteri dan virus yang ada di sekitar kita. Mengkonsumsi buah mengkudu bisa bermanfaat untuk meredakan batuk dan menghilangkan batuk. Zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan membunuh kuman dan penyakit yang ada di dalam tenggorokan. Caranya adalah sebagai berikut ini :

Rebuslah dua buah mengkudu yang telah masak.Campurkan dengan setengah daun bujanggut.Rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih.Sisakan hanya satu gelas saja.Saring airnya dan minum selama dua kali sehari.Pertama kali akan membuat rasa gatal di tenggorokan hilang, kemudian batuk akan mereda lama kelamaan. Baik untuk meredakan batuk:

  1. Menghilangkan Sakit Kuning

Sakit kuning bisa ditandai dengan bagian tubuh yang menguning, berat badan menurun, kulit keriput dan masih banyak lagi lainnya. Penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkudu bisa bermanfaat untuk menghilangkan sakit kuning yang dialami oleh penderitanya. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

Siapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya.Haluskan mengkudu dan peras mengkudu.Masukkan madu ke dalam perasan mengkudu.Aduk hingga rata.Minum sebanyak tiga kali sehari. Baik untuk sakit kuning:

  1. Menyembuhkan Peradangan Usus

Seseorang yang mengalami peradangan usus bisa disembuhkan menggunakan mengkudu atau pace. Zat scolopetin yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka yang ada di dalam usus. Baik untuk peradangan usus:

  1. Mengobati Radang Lambung

Radang lambung ciri-cirinya sama dengan penderita maag. Perut rasanya akan perih dan juga melilit. Untuk mengobati radang lambung, anda bisa memanfaatkan zat scolopetin yang ada dalam kandungan mengkudu. Caranya adalah dengan merebus buah mengkudu bersamaan dengan daun mengkudu. Minum secara teratur tiga kali sehari sampai radang sembuh.Baik untuk radang lambung:

  1. Mengobati Racun Makanan

Orang yang terkena racun makanan bisa diredakan menggunakan mengkudu. Hal itu dikarenakan di dalam zat mengudu terdapat zat anti bakteri yang bisa menetralisir bakteri yang ada di dalam makanan yang beracun. Makanan beracun bisa disebabkan oleh makanan yang kadaluarsa dan juga makanan yang diolah menggunakan bahan yang tidak hiegienis. Ciri orang keracunan makanan adalah :

Muka pucat.Pusing.Mual dan muntah-muntah.Sakit perut.BAB terus menerus.Baik untuk keracunan:

  1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai dengan rasa perih di tenggorokan diakibatkan oleh luka dan infeksi yang ada di dalam tenggorokan. Radang tersebut bisa diobati menggunakan mengkudu. Kandungan zat scolopetin yang ada di dalam buah mengkudu bisa mengobati peradangan yang ada di tenggorokan. Baik untuk radang tenggorokan:

  1. Bronkitis

Bronkitis bisa diobati menggunakan mengkudu. Kandungan zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk mencegah bakteri yang masuk ke dalam paru-paru serta membunuh bakteri yang ada di dalam paru-paru. Konsumsi mengkudu secara teratur bisa menghilangkan bakteri yang ada di dalam paru-paru sehingga bronkitis akan semakin membaik. Baik untuk bronkitis:

  1. Mengobati Radang Kulit

Radang kulit bisa ditandai dengan ruan berwarna kemerahan pada permukaan kulit. Zat scolopetin dalam buah mengkudu bisa mengobati radang kulit yang anda derita.

Baik untuk mengobati radang kulit:

  1. Mengobati Sakit Gigi

Obat antibiotik bisa diganti menggunakan mengkudu. Hal itu dikarenakan di dalam mengkudu terdapat zat anti bakteri yang bisa membuat sakit gigi mereda dan hilang akibat bakteri penyebab sakit gigi telah dihilangkan. Baik sebagai obat sakit gigi:

  1. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar bisa terjadi kepada siapa saja. Saat terbakar, sel-sel kulit menjadi rusak. Oleh sebab itu untuk penyembuhannya, sel-sel yang rusak harus diperbarui. Mengkudu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Hal itu dikarenakan dalam mengkudu terdapat zat terpenoid yang bisa memulihkan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Baik untuk menyembuhkan luka bakar:

  1. Menyembuhkan Borok

Borok bisa disembuhkan menggunakan pace. Zan anti bakteri dalam mengkudu bisa digunakan untuk mengobati borok. Caranya adalah dengan memarut mengkudu dan menempelkannya pada borok. Efektif untuk menyembuhkan borok:

  1. Mengobati Desentri

Desentri disebabkan oleh bakteri shigella dusenteriae. Bakteri tersebut bisa dibunuh menggunakan mengkudu. Zat anti bakteri yang ada dalam buah mengkudu bisa mengobati desentri dengan membunuh bakteri penyebab desentri tersebut. Baik untuk disentri:

  1. Mengatasi Diare

Bakteri salmonella dan e colli adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Diare bisa disembuhkan dengan mengkudu karena kandungan mengkudu tersebut memiliki zat anti bakteri. Zat anti bakteri bisa membunuh bakteri salmonella / e colli dan mengobati diare.Baik untuk diare:

  1. Meningkatkan Energi

Protein yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghasilkan energi di dalam tubuh. Selain dapat meningkatkan energi mengkudu memang terkenal sangat penting untuk membantu mengurangi rasa lemas. Baik untuk energi :

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Mengkudu sifatnya adalah analgesik sehingga bisa mengurangi rasa sakit. Analgesik bermanfaat untuk meredakan nyeri sakit kepala. Nyeri sendi pun bisa diobati menggunakan obat ini. Mengkudu memiliki zat analgesik sebanyak 75 persen. Orang yang terkena nyeri sendi bisa diobati menggunakan mengkudu dengan sifat morfin sulfat yang ada dalam buah mengkudu.Baik untuk mengurangi rasa sakit:

  1. Meredakan Demam

Demam juga bisa dihilangkan dan diobati menggunakan mengkudu. Cara mengobati demam menggunakan mengkudu adalah sebagai berikut ini :

Ambil satu buah mengkudu.Campurkan dengan parutan kencur.Rebus kedua bahan tersebut.Gunakan dua gelas air dan sisakan hanya masih satu gelas saja.SaringMinum air rebusannya secara teratur.Baik juga untuk demam:

  1. Mengobati Tumor

Tumor jinak bisa diobati menggunakan mengkudu. Mengkudu kaya akan antioksidan yang bisa mengecilkan tumor dan melawan sel-sel tumor di dalam tubuh.

  1. Menghilangkan Kulit Bersisik

Bagi wanita yang ingin memiliki kulit halus dan lembab, bisa menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu juga bisa menghaluskan kulit. Caranya adalah sebagai berikut ini :Kupas buah mengkudu.Iris besar-besar buah mengkudu.Kulit yang bersisik bisa diolesi menggunakan bagian daging buah mengkudu tersebut.Diamkanlah maksimal selama 10 menit.Celupkan kain bersih ke dalam air hangat.Bagian yang diolesi dengan mengkudu dibersihkan menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air hangat tersebut.Lakukan secara teratur.

  1. Menyehatkan Tulang

Buah mengkudu memiliki zat berupa metil, asetil, asam kapril, morindone yang bemanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang di dalam tubuh. Orang yang tulangnya padat dan kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Misalnya pengeroposan tulang atau oesteoporosis dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Menyembuhkan Ambeien

Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu maupun di dalam daun mengkudu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Cara mengobatinya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi rebusan buah mengkudu dicampurkan dengan daunnya. Cara membuatnya :

Rebus daun dan buah mengkudu dengan dua gelas air dan sisakan hanya menjadi satu gelas saja.Setelah itu minum air rebusannya secara teratur.Ambeien juga semakin diringankan dengan kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu, sehingga pencernaan penderita ambeien akan lancar dan terhindar dari sembelit.

Cara terbaik menikmati khasiat mengkudu adalah dengan
membuatnya menjadi juice, yang kita sebut sebagai noni juice. Meskipun caranya
mudah, misalnya buah mengkudu tinggal di blender saja, namun seringkali baunya
yang tidak sedap akan membuat Anda tidak sanggup meminumnya.

 

maka dari Penjabaran manfaat diatas tersebut ini masuk dalam kopi Radix maka Alternati pilihan ada di kemas dalam Radix sinergi pak haji


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *