Hpai.inspirasibersama.com – Saat tubuh kita merasa nyeri, misalnya pada area punggung, maka biasanya kita akan beli obat pereda nyeri di apotek. Meskipun kita sudah minum obat pereda nyeri, tak jarang nyeri punggung masih saja ada. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : http://sakitpunggung.org

Secara umum, untuk jenis obat pereda nyeri golongan non-steroid anti-inflamasi (NSAIDs) misalnya ibuprofen dan naproxen hanya bisa mengurangi sedikit rasa nyeri pada area punggung. Untuk jenis obat pereda nyeri jenis ini terdapat efek samping juga.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan peneliti yang berasal dari Australia’s George Institute for Global Health menyebutkan bahwa orang yang mengalami nyeri punggung kemudian minum obat nyeri golongan NSAIDs ternyata tidak mengalami penurunan nyeri yang signifikan. Studi ini telah melibatkan 6.000 partisipan.

Selain rasa nyeri yang belum hilang, para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi jenis obat nyeri golongan NSAID baik yang diresepkan oleh dokter atau beli sendiri di toko obat, lebih sering mengalami beberapa efek samping seperti gangguan pencernaan atau bahkan perdarahan.

Pertanyaannya adalah mengapa obat anti-nyeri golongan ini tidak begitu efektif untuk meredakan nyeri, seperti nyeri punggung ?.

Baca Juga : beberapa obat yang harus anda hindari saat perut kosong