Hpai.inspirasibersama.com – Tidur merupakan kegiatan relaksasi bagi organ tubuh manusia. Dengan tidur yang cukup akan mampu meningkatkan kesehatan organ tubuh sehingga tubuh menjadi sehat. Banyak orang yang kurang memperhatikan posisi waktu tidur, padahal posisi tubuh mempunyai peranan dalam kesehatan kita. Bahkan posisi tidur yang salah akan membuat kita rentan menderita penyakit tertentu.
Berikut ada beberapa posisi tidur yang biasa kita lakukan serta dampaknya bagi kesehatan :

1. Menghadap kiri
Bagi anda yang mengalami penyakit sirkulasi darah seperti hipertensi dan jantung sangat bagus jika melakukan tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Saat kita tidur dengan menghadap ke kiri, maka sirkulasi darah menjadi lebih lancar, mampu mencegah nyeri pada punggung, serta menghindarkan dari gejala heartburn ( rasa panas pada dada ). Secara umum posisi tidur menghadap ke kiri sangat bagus bagi kesehatan jantung kita.

Namun posisi tidur ini juga tidak lepas dari kekurangan. Menurut sebuah data survei mengatakan tidur dengan posisi miring ke kiri, 41 persen mengaku sering mengalami mimpi yang buruk. Mungkin sebaiknya saat kita memulai tidur untuk membaca doa terlebih dahulu agar dihindarkan dari hal-hal yang kurang baik seperti mimpi buruk.

2. Menghadap kanan
Posisi tidur yang ke dua adalah menghadap ke kanan. Menurut kesehatan posisi tidur dengan menghadap ke kanan mampu menghindarkan kita dari penyakit Alzheimer. Selain itu, posisi tidur seperti ini sangat bagus bagi mereka yang mengalami gangguan pada fungsi saraf seperti stroke, vertigo dan nyeri kepala sebelah.

Dampak negatif tidur dengan menghadap ke kanan bagi ibu hamil adalah bisa mengganggu sirkulasi darah yang bisa berdampak negatif bagi ibu dan bayi yang dikandung. Selain itu tidur dengan posisi menghadap ke kanan juga kerap menimbulkan rasa lemas saat kita bangun.

3. Tidur telentang
Bagi anda yang sangat memperhatikan kecantikan kulit wajah, para pakar kesehatan menyarankan untuk tidur dengan posisi terlentang karena bisa mengurangi pergesekan kulit wajah dengan bantal yang bisa menimbulkan keriput pada kulit wajah.

Kelemahan tidur posisi terlentang adalah anda akan beresiko besar mengalami mengorok. Padahal mengorok saat tidur adalah yang yang buruk bagi kesehatan.

4. Tidur tengkurap
Keunggulan tidur dengan tengkurap adalah bisa menghindarkan dari mimpi buruk. Bagi anda yang sering mengalami mimpi buruk, maka anda bisa mencoba tidur dengan posisi tengkurap. Namun banyak diantara mereka yang melakukan tidur tengkurap mengaku mengalami pegal-pegal dan membuat punggung menjadi sakit.

Artikel Terkait : Dampak Tidur Secara Berlebihan Bagi Kesehatan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *