Hpai.InspirasiBersama.com – Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar memiliki badan yang sehat. Salah satunya dengan memaksimalkan waktu istirahat tidur pada malam hari. Berikut beberapa kebiasaan orang sehat sebelum tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang maksimal :

1. Mandi.

Kebiasaan orang sehat yang pertama sebelum tidur adalah dengan melakukan mandi sebelum tidur. Anda bisa melakukan mandi dengan menggunakan air hangat agar badan anda lebih rileks dan santai. Dengan kita melakukan mandi maka suhu tubuh kita akan menjadi lebih normal sehingga saat tidur kita akan mendapatkan kenyamanan yang membuat kualitas tidur semakin terjaga.

2. Bermeditasi.

Tips ke dua adalah dengan melakukan meditasi sebelum tidur. Dengan melakukan meditasi akan membuat pikiran kita yang tegang seharian akan menjadi lebih rileks. Meditasi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita terutama kesehatan mental kita. Dengan pikiran yang tenang menjelang tidur akan membuat tidur kita semakin berkualitas.

3. Jurnal.

Bagi anda yang mengalami sulit tertidur dengan lelap, maka anda bisa melakukan menulis sebelum tidur. Dengan menulis hal-hal yang bisa menenangkan pikiran, akan membuat kita tertidur dengan pulas. Selain itu dengan menulis akan bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan pikiran seseorang.

4. Menyikat gigi.

Kebiasaan orang sehat selanjutnya adalah dengan rajin menyikat gigi sebelum tidur. Dengan melakukan sikat gigi sebelum tidur akan bisa menghindarkan kita dari gangguan pada gigi dan gusi. Selain itu dengan menyikat gigi sebelum tidur maka akan membuat napas kita menjadi lebih segar sehingga meningkatkan kenyamanan saat tidur malam hari.

Baca juga : Minuman kesehatan herbal produk HPA internasional pak haji Ismail

5. Mejauhkan segala perangkat elektronik.

Orang sehat biasanya menjauhkan penggunaan smartphone sebelum tidur. Berdasarkan sebuah penelitian, cahaya yang ditimbulkan oleh smartphone, laptop, tv sebelum tidur akan bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang maksimal maka hindarkan penggunaan alat elektronik sebelum anda tidur. Jika anda membutuhkan alarm tidur, maka anda bisa mengganti alarm handphone dengan jam alarm.

6. Makanlah secara ‘pintar’.

Ada jenis makanan yang bisa anda konsumsi saat malam hari yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur kita. Buah tersebut adalah kiwi. Jangan suka melakukan ngemil pada malam hari karena bisa memicu obesitas. Jika anda ngemil usahakan ngemil makanan yang sehat seperti buah-buahan. Selain itu jangan biasakan makan malam terlalu malam.

Ingin Terlihat Cantik Setiap Hari, Tidurlah Sebelum Jam 11 Malam

Jika resolusi anda di tahun baru ini ialah ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal, langsing serta kulit yang glowing dan sehat seperti idaman setiap wanita, maka yang pertama harus anda lakukan adalah tidurlah sebelum jam 11 malam.

Ini dikarenakan kebanyakan orang jika tidurnya di atas jam 11 malam bahkan sampai dini hari mereka cenderung menyukai ngemil camilan yang berlemak serta mengkonsumsi kafein dan alkohol.

Kebiasaan itulah yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan proses diet menjadi susah.Bukan hanya itu dengan sering mengkonsumsi alkohol sebelum tidur juga akan membuat tidur jadi kurang nyenyak sehingga dapat membuat wajah terlihat kusam.

Selain dapat membuat badan menjadi gemuk dan mengganggu program diet, kebiasaan tidur di atas jam 11 malam juga dapat membuat kulit menjadi kusam,kering serta mudah berjerawat karena kurangnya istirahat serta pengaruh dari cemilan yang tidak sehat tersebut.

Tahukah anda jika ada salah satu penelitian yang menyebutkan jika anda mempunyai waktu tidur yang teratur yaitu tidur sebelum jam 11 malam selama satu tahun ternyata dapat menyusutkan berat badan anda hingga tiga kilo gram tanpa melakukan program diet.

Tips Bisa Tidur Dengan Nyenyak Dengan Menerapkan Metode ‘Clean Sleeping’

Mungkin sebelumnya kita mendengar istilah tentang ‘clean eathing’ yang berhubungan dengan metode makan yang sehat. Namun sekarang ini juga berkembang ‘Clean Sleeping’ agar tidur bisa lebih nyenyak.

Tidur memang menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan dan berhubungan dengan obesitas. Orang yang mengalami kurang tidur akan bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan kerusakan DNA, demensia dan kematian dini.

Berikut beberapa hal tentang ‘Clean Sleeping’ agar kita bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas :

Kenakan masker mata hangat

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan suatu masker mata yang bisa memberikan rasa kehangatan. Dengan demikian kita bisa merasa lebih rileks dan mampu meredakan stres. Teknologi masker ini merupakan suatu produk yang dibuat oleh negara Jepang.

Menurut para pakar kesehatan tidur mengatakan bahwa tidur dengan tetap mendapatkan cahaya bisa mempengaruhi hormon yaitu melatonin. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, maka sangat disarankan untuk mematikan lampu atau kondisi gelap saat tidur.

Baca Juga : Manfaat Tidur Dalam Kondisi Lampu Yang Gelap

Pijat kaki

Hal kedua yang menjadi ritual ‘clean sleeping’ adalah dengan cara memijat kaki sebelum tidur. Menurut para pakar kesehatan tidur, melakukan pijatan kaki dengan menggunakan losion selama kurang lebih 3 menit mampu membuat kita tidur lebih nyenyak. Selain itu ritual ini juga sangat bagus untuk melancarkan aliran darah dan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nyaman.

Tidur saat terjaga

Teknik ini menjadi suatu bagian dalam yoga. Dengan cara melakukan tidur dengan posisi berbaring, menutup mata dan berusaha untuk fokus pada bagian tertentu tubuh ternyata bisa membuat kita lebih cepat tidur dan memasuki fase mimpi.

Tidak konsumsi kafein delapan jam sebelum tidur

Bagi anda yang ingin tidur dengan lebih nyenyak, maka disarankan untuk menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Kamar tidur bebas teknologi

Yang terakhir adalah dengan membebaskan kamar tidur dari barang teknologi seperti gadget, komputer dan televisi. Berdasarkan banyak studi menyebutkan bahwa barang teknologi tersebut bisa memancarkan suatu cahaya biru yang bisa mengganggu untuk bisa tidur dengan nyenyak.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *