Hpai.inspirasibersama.com – Tahukah kita bahwa menurut para ahli mengatakan bahwa penggunaan kontrasepsi pada wanita bisa menyebabkan gangguan pada libido. Ada kalanya menyebabkan libido menjadi meningkat dan ada juga yang menyebabkan libido menjadi menurun. Namun dengan menggunakan kontrasepsi membuat para pasangan bisa merencanakan kehamilan.

sumber gambar : www.go4healthylife.com

Namun kebanyakan dari penggunaan kontrasepsi menyebabkan penurunan libido seseorang. Apa sebenarnya yang bisa menyebabkan hal ini ? Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon pada alat kontrasepsi. Apalagi jika seorang wanita menggunakan kontrasepsi pil yang terbukti bisa mempengaruhi hormon reproduksi seorang wanita.

Menurut salah seorang profesor kebidanan dan kandungan yang bernama Jane Minkin, M.D mengatakan bahwa saat wanita mengkonsumsi pil kontrasepsi, maka secara alami kinerja ovarium akan terganggu. Kondisi ini disebabkan karena cara kerja pil kontrasepsi adalah menekan kerja ovarium yang berfungsi menghasilkan hormon estrogen, progesteron dan testosteron.

Diantara ketiga jenis hormon yang dihasilkan oleh ovarium, maka testosteronlah yang sangat perperan dalam mengatur libido atau gairah seksual. Nah pada pil kontrasepsi ternyata kebanyakan hanya mengandung estrogen dan progestin saja tanpa adanya testosteron.

Apabila dalam tubuh wanita terjadi penurunan kadar hormon testosteron, maka secara alami akan menurunkan libido seseorang atau gairah seksual. Penurunan kadar testosteron pada wanita yang menggunakan pil kontrasepsi juga bisa disebabkan karena adanya progestin (progesteron sintesis) yang mempunyai efek samping menurunkan kadar testosteron.

Baca Juga : Obesitas Juga Bisa Menyebabkan Penurunan Libido

Meskipun demikian bukan berarti semua orang yang menggunakan kontrasepsi pil akan mengalami penurunan gairah seksual. Banyak juga orang yang masih mempunyai gairah yang tinggi untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Bagi anda yang saat ini menggunakan pil kontrasepsi dan mengalami gangguan penurunan gairah seks, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan melakukan konsultasi dengan dokter, maka biasanya seorang dokter akan memberikan resep pil kontrsepsi jenis yang lain yang mempunyai kadar progestin yang lebih rendah agar tidak menekan testosteron yang mempengaruhi libido atau gairah seks.

Itulah sebuah resiko yang akan kita alami jika menggunakan sebuah alat kontrasepsi yang bersifat hormonal. Memang segala sesuatu itu ada nilai plus dan minusnya. Nilau plusnya adalah saat kita menggunakan kontrasepsi, maka bisa merencanakan kehamilan sesuai dengan keinginan kita dan bisa melakukan hubungan seks dengan tenang.

Baca Juga : Minuman sehat kopi radix fatimah bisa untuk meningkatkan libido wanita


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *