Hpai.inspirasibersama.com – Kita pasti pernah mengalami rasa ngantuk saat kita bekerja. Tentu hal ini bisa berdampak negatif bagi kita karena bisa-bisa dimarahi bos karena kerja kurang fokus akibat ngantuk. Kebanyakan orang menganggap rasa ngantuk disebabkan oleh kurang kualitas tidur saat malam hari, namun sebenarnya kurang tidur bukan satu-satunya penyebab rasa ngantuk.

Baiklah mari kita bahas penyebab sering merasa ngantuk selain kurang tidur.

– Kurang tidur
Penyebab utama sering merasa ngantuk dan lelah adalah karena kurang tidur saat malam hari. Tidur yang baik menurut kesehatan adalah 6-8 jam saat malam hari. Jika anda ingin terhindar dari rasa ngantuk dan lelah saat bekerja maka lakukan pola tidur secara sehat dan matikan lampu saat tidur karena bisa meningkatkan kualitas tidur kita.

– Sleep apnea
Sleep apnea merupakan masalah gangguan tidur yang tidak bisa dianggap remah. Karena kebanyakan orang yang meninggal saat tidur dikarenakan adanya sleep apnea atau henti napas saat tidur. Banyak orang yang menganggap sleep apnea hampir sama dengan mengorok.

Mereka yang mempunyai kebiasaan slepp apnea dan mengorok secara tidak sadar akan sering terbangun saat tidur. Dengan begitu akan bisa mengurangi kualitas tidur kita sehingga setelah bangun badan terasa masih lelah dan ngantuk padahal durasi tidur sudah cukup. Kebanyakan mereka yang mempunyai masalah sleep apnea dan mengorok adalah mereka yang memiliki berat badan yang berlebih.

– Asupan yang salah
Rasa sering mengantuk dan lemas bisa terjadi karena salah asupan makanan saat sarapan. Apabila saat sarapan kita hanya mengkonsumsi karbohidrat tanpa adanya protein yang cukup akan membuat badan kita mudah lemas dan mengantuk. Berbeda saat kita sarapan pagi dengan menu yang sehat dengan komposisi protein dan karbohidrat yang cukup.

Baca juga ; Mengenal kopi black radix hpa internasional pak haji ismail

– Anemia
Selain faktor diatas, rasa mengantuk dan lelah juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Anemia biasanya sering melanda kaum wanita. Solusinya adalah anda harus banyak makan-makanan yang banyak mengandung zat besi misalnya daging, kerang, hati dan kacang-kacangan.

– Gangguan tiroid
Gangguan pada tiroid juga bisa menyebabkan badan merasa mudah ngantuk dan lemas. Tiroid sangat besar perannya dalam mengatur metabolisme tubuh. Saat terjadi masalah pada tiroid, maka metabolisme kita menjadi lambat dan kita akan merasa kurang berenergi dan meningkatkan resiko obesitas.

– Kebanyakan kafein
Konsumsi kafein terlalu banyak malah bisa membuat badan menjadi lemas dan mudah mengantuk. Padahal anggapan orang dengan konsumsi kafein akan bisa mereda rasa ngantuk dan lemas. Namun segala sesuatu yang berlebihan pasti hasilnya kurang bagus seperti halnya konsumsi kafein.

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Insomnia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *