Hpai.inspirasibersama.com – Bagi anda yang saat ini sedang hamil, sangat disarankan untuk tidak menggunakan obat pereda nyeri secara sembarangan. Berdasarkan sebuah studi, konsumsi obat analgesik atau pereda rasa nyeri saat hamil bisa mempengaruhi kesehatan pada bayi.

Sebelumnya para peneliti hanya memfokuskan pada efek paparan bahan kimia terhadap kesehatan janin terutama adanya gangguan pada kelenjar endokrin bayi. Namun akhir-akhir ini penelitian yang terbaru mencoba mengungkap pengaruh konsumsi obat analgesik terhadap hormon pada bayi.

Ternyata penggunaan obat jenis analgesik atau acetaminophen mempunyai efek pada kesehatan janin.Hasilnya adalah bagi ibu hamil yang mengkonsumsi obat pereda nyeri atau analgesik meningkatkan resiko kelainan pada testis pada bayi laki-laki. Selain berdampak buruk pada janin, efek konsumsi obat analgesik pada wanita hamil juga mempengaruhi kesehatan ibu hamil.

Bagi sang ibu hamil, konsumsi obat pereda nyeri bisa menurunkan kesuburan wanita. Akibatnya adalah wanita akan sulit mendapatkan keturunan. Hal ini dikarenakan mampu mempengaruhi ukuran ovarium dan gangguan pada organ reproduksi wanita sehingga mempengaruhi perkembangan sel telur.

Bagi kebanyakan wanita hamil di Indonesia mungkin belum banyak yang mengerti tentang efek samping penggunaan obat saat hamil. Sering kita melihat ibu hamil saat badannya terasa panas, mereka tanpa bertanya terlebih dahulu ke dokter langsung minum obat anti-piretik atau pereda nyeri dan panas.

Untuk itu bagi wanita hamil yang hendak mengkonsumsi obat tertentu, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Dengan demikian akan menghindarkan dari efek samping obat yang sangat membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Artikel Terkait : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *