Hpai.inspirasibersama.com – Kentang merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Akhir-akhir ini banyak terjadi perdebatan tentang dampak konsumsi kentang terhadap resiko diabetes tipe-2.

Apakah benar sering makan kentang saat hamil bisa memicu diabetes ?
Sebuah hasil penelitian yang baru-baru ini dilakukan di Inggris yang dipublikasikan oleh British Medical Journal mengatakan bahwa seorang wanita hamil yang melakukan konsumsi kentang panggang seminggu sekali saja bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes getasional atau diabetes yang sering dialami oleh wanita hamil.

Hal ini bukan hanya bagi wanita hamil saja, bagi seorang wanita yang mempunyai berat badan yang ideal sekalipun juga akan meningkatkan resiko terkena diabetes walau hanya konsumsi satu kentang dalam seminggu. Menurut ahli dari Harvard Medical mengatakan hal ini bisa terjadi dikarenakan kentang banyak mengandung pati yang sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Jika anda melakukan konsumsi kentang sebanyak 5 porsi seminggu, maka resiko penyakit diabetes akan meningkat sampai 50 persen. Hal ini berlaku bagi semua jenis kentang dan jenis olahan kentang misalnya digoreng, rebus, keripik, panggang dan ditumbuk.

Meskipun berdasarkan sebuah penelitian bahwa wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional akan menghilang setelah proses persalinan selesai, namun ada resiko berlanjut menjadi diabetes tipe-2.
Sebenarnya kentang kaya akan kandungan vitamin C, kalium, serat, dan phitochemical seperti halnya pada sayuran. Namun kentang mempunyai efek negatif terhadap resiko diabetes yang disebabkan oleh kandungan pati yang tinggi yang mudah diserap oleh tubuh kita.

Resiko bagi wanita yang mengalami diabetes gestasional adalah akan mengalami resiko keguguran, bayi lahir prematur dan kematian pada bayi. Kondisi ini sering terjadi saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga.

Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan para wanita tidak mengalami ketakutan saat konsumsi makanan saat hamil. Yang harus diperhatikan adalah keseimbangan diet yang mencakup lima sehat lima sempurna. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi obesitas saat wanita hamil.

Artikel Terkait : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *