Hpai.inspirasiBersama.com – Sebagai seorang wanita sudah tidak asing dengan sindrom pra-menstruasi. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan hampir sekitar 85 persen wanita di dunia mengalami sindrom pra-menstruasi. Beberapa gejala sindrom pra-menstruasi adalah munculnya suasana mood yang buruk, merasa kelelahan, perut menjadi kembung dan munculnya jerawat.

Sekarang ini ditemukan jenis makanan yang bisa mengurangi gejala sindrom pra-menstruasi bagi wanita. Secara umum para pakar kesehatan menyarankan kepada kita untuk menghindari makanan yang kaya kandungan gula, garam dan alkohol. Kandungan tersebut terbukti membuat gejala sindrom menstruasi menjadi lebih buruk.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa meringankan gejala sindrom pra-menstruasi :

1. Alpukat
Salah satu gejala sindrom pra-menstruasi yang sering muncul adalah perut menjadi kembung dan kram pada perut. Jika anda mengalami hal ini pada pra-menstruasi, maka konsumsilah buah alpukat.

Dengan kandungan lemak sehat yang mengandung potasium yang terdapat pada buah alpukat, maka akan membuat efek diuretik secara alami bagi tubuh. Artinya akan memberikan kita efek sering kencing yang membuat tubuh lebih banyak membuang garam. Selain itu potasium bisa juga bermanfaat meringankan kram otot yang terjadi di perut.

Baca Juga : Cara Mengenali Menstruasi Yang Tidak Sehat

2. Bit 
Jenis makanan yang kedua yang bisa bermanfaat meredakan gejala pra-menstruasi adalah buah bit. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau seorang wanita sering mengkonsumsi buah bit yang kaya kandungan vitamin B1 dan B2, maka lebih besar terhindar dari gejala sindrom pra-menstruasi.

3. Sardin
Selanjutnya ada sardin yang sudah terbukti berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para ahli di University of Massachusetts. Hal ini disebabkan karena sardin kaya kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat bagus mengurangi resiko sindrom pra-menstruasi.

Apabila anda mengalami perut yang kembung, cemas, nyeri kepala dan depresi menjelang menstruasi, maka anda bisa mengkonsumsi sardin untuk mengatasinya.

4. Kacang-kacangan 
Ternyata berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau konsumsi kacang-kacangan bisa meredakan sindrom pra-menstruasi bagi wanita. Kacang-kacangan kaya akan kandungan zat besi dan serat yang bisa mengatasi sindrom pra-menstruasi. Kacang-kacangan menjadi sumber zat besi nabati yang baik bagi kesehatan.

5. Cokelat hitam
Meskipun mempunyai rasa yang pahit, cokelat hitam mempunyai manfaat meredakan sindrom pra-menstruasi wanita. Hal ini disebabkan karena dalam cokelat hitam mengandung antioksidan yang mempunyai efek merilekskan pembuluh darah, memperlancar sirkulasi darah dan mampu menurunkan tekanan darah.

Bukan hanya itu saja, diketahui bahwa mengkonsumsi cokelat hitam setiap hari bisa menghindarkan resiko stres karena bisa mengurangi produksi hormon yang berhubungan dengan stres dalam tubuh.

Konsumsi cokelat hitam juga bisa mengurangi rasa lelah, depresi, perut kembung dan mudah marah seperti gejala sindrom pra-menstruasi. Hal ini disebabkan karena cokelat hitam kaya akan kandungan magnesium.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Darah Menstruasi Yang Keluar Banyak


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *