Hpai.InspirasiBersama.com – Apakah anda salah satu orang yang sangat suka dengan minuman kopi ?. Selama ini kopi dikenal sebagai minuman anti-ngantuk dan bisa memberikan energi. Namun ternyata kebiasaan minum kopi juga bisa bermanfaat untuk mencegah kanker kulit.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil peneltian dan dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of the National Cencer Institute menyebutkan bahwa rutin minum kopi sampai 4 gelas sehari bisa menurunkan resiko terkena kanker kulit sampai 20 persen. Hal ini juga sudah dilansir oleh media AS ternama yang bernama washingtonpost.com

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada minuman kopi mampu menekan sel-sel yang bisa berpotensi menjadi suatu kanker terutama akibat sengatan matahari. Saat kulit kita terlalu banyak terkena paparan sinar UV, maka akan memicu stres oksidatif. Maka dengan adanya kafein kopi hal ini bisa ditekan sehingga tak sampai terbakar atau muncul bintik hitam serta terjadinya kerusakan DNA.

Meskipun demikian untuk mencegah terjadinya kanker kulit kita tidak boleh hanya mengkonsumsi kopi saja, tetapi juga menerapkan gaya hidup serta pola makan yang sehat. Dengan demikian akan muncul suatu keseimbangan kesehatan tubuh sehingga akan lebih kuat dalam menangkal resiko munculnya kanker termasuk kanker kulit.

Artikel Terkait : Beberapa Kerusakan Kulit Yang Disebabkan Karena Sinar Matahari

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di negara berkembang. Banyak faktor yang dapat memicu munculnya sel kanker, selain pola makan yang salah stres ternyata juga dapat memicu kanker. Tahukah anda jika stres yang di akibatkan karena pekerjaan juga dapat memicu kanker.

sumber gambar : viva.co.id

Menurut penelitian yang di muat dalam jurnal Preventive Medicine mengungkapkan, ternyata seorang pria yang bekerja dengan tingkat stres yang tinggi lebih berpotensi terkena kanker .

Seorang pria yang mengaku sering mengalami stres karena pekerjaannya dalam waktu jangka panjang cenderung akan terkena kanker, seperti kanker perut,kanker paru dll. Jika di bandingkan dengan pria yang mempunyai pekerjaan yang tidak membuat stres.

Di dalam penelitian juga di sebutkan berbagai macam pekerjaan yang mempunyai tingkat stres tertinggi ialah insinyur penerbangan,pemadam kebakaran,ahli mekanik, serta insinyur industri.

Meskipun begitu, stres karena pekerjaan juga dapat bersumber dari banyak hal bukan hanya karena profesinya saja. Hasil study juga menyebutkan jika stres yang terjadi pada para pekerja tersebut disebabkan juga karena merasa tidak aman dengan pekerjaannya, lingkungan kerja yang dekat dengan bahaya, tuntutan pekerjaan yang tinggi, serta waktu dan juga masalah keuangan.

Artikel Terkait : Sering Stres Juga Memicu Cepat Pikun