Hpai.inspirasibersama.com – Bagi anda yang bekerja kantoran pasti tidak asing dengan rasa pegal-pegal karena seharian duduk manis memandang komputer. Tentu kondisi ini membuat kita tidak nyaman. Tak peduli senyaman apapun ruangan kantor anda, rasa pegal-pegal pasti melanda. Ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pegal-pegal di kantor.

Pekerjaan duduk manis depan komputer memang menjadi sebuah keharusan bagi sebagian profesi misalnya administrasi atau akuntan. Dalam waktu yang lama mereka dituntut untuk duduk manis deepan komputer hampir selama delapan jam sehari. Belum lagi jika pekerjaan menumpuk, bisa lebih lama lagi.

Padahal menurut kesehatan, duduk dalam waktu yang lama kurang baik bagi kesehatan kita. Tubuh kita tidak dirancang itu melakukan duduk lama selama beberapa jam. Jika hal ini sering dilakukan maka meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Selain itu mereka yang sering duduk dalam waktu yang lama juga sangat beresiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Untuk itu para pakar menyarankan kepada kita sepadat apapun pekerjaan yang kita lakukan, selalu sempatkan waktu untuk sekedar melakukan olahraga tanpa harus keluar dari ruang kerja anda.

Peregangan
Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan ini sangat penting untuk mengawali kegiatan otot agar terhindar dari cidera yang bisa membahyakan tubuh kita.

Pertama anda bisa melakukan peregangan pada jemari tangan dan kaki. Lakukan gerakan melingkar dengan menggunakan pergelangan tangan dan kaki sebagai tumpuhan. Selanjutnya anda bisa meregangkan otot leher dengan cara menolah ke arah bawah, atas, kiri dan kanan atau gerakan memutar secara perlahan-lahan.

Langkah selanjutnya anda bisa melakukan mengaitkan kedua jemari tangan sambil mengangkat ke atas dan diamkan selama 30 detik. Lakukan pergantian arah ke kanan, kiri masing-masing selama 10 detik.

Latihan otot
Tetap dalam meja kerja, anda bisa melakukan gerakan otot dengan cara meluruskan kedua tangan pada meja kerja, kemudian angkat kedua kaki sambil mengarahkan ke kanan dan kiri sebanyak 10 kali. Gerakan ini mampu membakar lemak kita sekaligus sangat bagus untuk mengencangkan daerah perut.

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan dengan cara mengangkat benda yang beratnya 1-2 kg. Kegiatan ini sangat bagus untuk menguatkan otot lengan kita yang capek karena mengetik dalam waktu yang lama. Anda bisa juga membawa barbel kecil dan menyimpannya di laci meja kerja anda.

Secara khusus tidak ada latihan otot yang persis harus dilakukan. Anda bisa melakukan banyak fariasi gerakan sesuka anda asalkan tidak mengganggu pekerjaan utama anda dalam kantor. Lakukan olahraga pada selah-selah anda bekerja saat pekerjaan tidak menumpuk. Salam olahraga.

Artikel Terkait : Cara Mudah Terbebas Dari Diabetes Meskipun Dalam Kantor


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *