Hpai.inspirasibersama.com – Sering kita mendengar dan menjumpai orang yang sakit akibat minum obat yang kadaluarsa. Masyarakat kita saat ini cenderung membeli obat pada warung terdekat saat merasa sakit. Baru kalau tidak sembuh mereka melakukan berobat ke dokter. Tentu hal ini merupakan perilaku yang salah.

Padahal sering kita menjumpai obat yang kadaluarsa dijual pada warung-warung kecil sekitar rumah kita. Hal ini disebabkan karena pada warung menjual obat secara eceran, bahkan bisa hanya membeli satu buah saja. Nah sisa obat tersebut kadang membuat penjual tidak sadar kalau ternyata dalam waktu yang lama obat sisanya belum laku. Untuk itu sebagai konsumen kita harus jeli sebelum membeli obat.

Berikut tips mengenali obat yang kadaluarsa.

Saat kita membeli obat-obatan, maka kita harus bersikap jeli mulai dari melihat tanggal kadaluwarsa dan melihat kondisi obat itu sendiri. Setiap obat yang dijual oleh pabrik obat akan memiliki tanggal EXP dan FDA (Food and Grug Administration).

Untuk itu saat kita membeli obat maka perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Sering kita menjumpai obat yang mestinya kadar kadaluarsanya masih panjang namun bentuk kemasan sedikit rusak dan bentuk obatnyapun menjadi berubah.

Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Misalnya tempat penyimpanan yang panas, lembab dan tertimpa benda lain membuat obat kemasan menjadi rusak baik dalam bentuk, kemasan, warna maupun rasanya. Jika kita menemukan obat yang demikian saat membeli, maka yang terbaik adalah jangan mau membeli apalagi meminumnya.

Jika obat yang demikian masuk ke dalam tubuh kita bisa menimbulkan reaksi yang berbahaya bagi tubuh kita bahkan bisa sampai pada resiko kematian.
Pada jenis obat salep, saat mengalami kadaluwarsa biasanya akan berubah bentuk menjadi menggumpal dan kering.

Mungkin kita sering melihat obat yang kita simpan di rumah yang kita fungsikan untuk siaga saat sakit mengalami hal ini. Jika kita menemukan obat baik dalam bentuk kapsul maupun salep yang kadaluarsa maka buang jauh-jauh dari lingkungan kita untuk menghindari dari keracunan akibat obat.

Semoga dengan mengetahui tanda-tanda suatu obat mengalami kadaluarsa kita terhindar dari keracunan obat.

Artikel Terkait : Jika Nyeri Lutut, Jangan Langsung Minum Obat Nyeri


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *