Hpai.inspirasibersama.com – Akhir-akhir ini kontaminasi makanan kemasan olahan daging di Amerika dan beberapa negara diketahui ada kontaminasi wabah E. Coli. Hal ini sesuai dengan data CDC atau sebuah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit  yang berasal dari AS.

sumber gambar : www.cancercenter.co.id

Dari data tersebut disebutkan ada beberapa kasus rawat inap seseorang yang diduga terkontaminasi bakteri saat mengkonsumsi jenis makanan kemasan olahan daging yang berasal dari sapi dan bison. Bahkan wabah kontaminasi bakteri ini sudah menyebar di empat negara bagian seperti Massachusetts, Connecticut, Virginia Barat dan Pennsylvania.

Jika tubuh manusia terkontaminasi bakteri E. Coli bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan baik itu pada orang tua, muda, dan anak-anak.

Salah satu jenis masalah kesehatan serius yang disebabkan karena kontaminasi E. Coli adalah bisa menyebabkan masalah sindrome uremik hemolitik yang identik dengan gangguan ginjal atau gagal ginjal. Jenis penyakit ini bisa mungkin terjadi pada manusia usia 1 sampai 74 tahun.

Dari data kejadian kontaminasi akibat mengkonsumsi daging olahan yang berada di Massachusetts menyatakan bahwa mereka terkontaminasi bakteri E. Coli yang disebabkan mengkonsumsi daging sapi Adams Farm.

Dengan adanya laporan kasus banyaknya kontaminasi makanan yang berasal dari daging olahan, maka sebaiknya kita juga berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya. Setidaknya anda melihat label makanan  tersebut untuk mengetahui tanggal kadaluwarsanya. Apabila anda takut untuk mengkonsumsi makanan kemasan daging olahan, anda bisa membuat sendiri aneka makanan olahan daging di rumah yang lebih sehat.

Semoga dengan membaca informasi ini kita bisa terhindar dari resiko kontaminasi bakteri E. Coli yang bisa ditularkan melalui makanan kemasan daging olahan. Dengan begitu tubuh kita tetap sehat dan bahagia.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Inilah Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Konsumsi Daging