Hpai.InspirasiBersama.com – Setiap wanita tentunya merasa takut dengan kanker payudara. Penyakit yang sering melanda kaum wanita ini sering kali berujung pada kematian yang disebabkan karena penanganan yang terlambat atau pada stadium lanjut. Oleh karena itu seorang wanita harus waspada gejala awal kanker payudara.

Banyak orang yang mengatakan kalau kanker payudara selalu diawali dengan munculnya benjolan pada payudara. Namun ternyata berdasarkan sebuah data menyebutkan kalau sekitar 1 dari 6 kasus wanita yang terdiagnosa kanker payudara tidak mengawali gejala awal seperti munculnya benjolan.

Ini artinya gejala awal kanker payudara tidak harus muncul sebuah benjolan. Hal ini yang membuat banyak wanita tidak mampu mengenali gejala awal kanker payudara. Mereka baru melakukan sebuah pemeriksaan saat meraba ada sebuah benjolan di payudara. Kondisi ini membuat banyak kasus kanker payudara terlambat untuk mendapatkan terapi.

Baca Juga : Benarkah Menggunakan Bra Bisa Memicu Kanker Payudara ?

Mulai sekarang salah kalau anda mempunyai anggapan bahwa kanker payudara selalu muncul atau ditandai dengan gejala awal adanya sebuah benjolan. Apabila sekarang ini anda merasakan hal yang kurang nyaman pada area payudara, maka sebaiknya anda memeriksakan ke dokter.

Untuk membuktikan tentang hal ini, maka dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris dengan melibatkan wanita sebanyak 2.300 yang diketahui positif menderita kanker payudara. Penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2009 sampai 2010.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa sekitar 83 persen wanita yang mengalami kanker payudara mengaku mengalami gejala awal berupa benjolan pada payudara.

Namun pada sisi lain sekitar 7 persen wanita hanya mengalami gejala awal berupa puting yang tampak tak normal, sekitar 6 persen hanya mengalami nyeri pada payudara, dan hanya ada 1 persen yang wanita yang mengalami gejala munculnya borok pada payudaranya.

Baca juga : Obat herbal kanker payudara hpa internasional

Dengan melihat hasil studi tersebut memberikan gambaran kepada kita bahwa tidak semua gejala awal kanker payudara berupa benjolan. Ada kalanya berupa rasa nyeri pada payudara, bentuk puting yang tak normal dan munculnya sebuah borok pada payudara. Bahkan ada sebagian kecil wanita yang mengalami gejala awal kanker payudara berupa munculnya benjolan pada ketiak, nyeri pada daerah punggung dan napas menjadi lebih susah.

Bagi anda yang saat ini merasakan hal yang kurang normal pada bagian payudara seperti yang telah kita sebutkan diatas, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter. Hal ini guna mendeteksi lebih dini jika ada gejala awal kanker payudara sehingga prosentase penyembuhan juga semakin tinggi.

Artikel Terkait : Manfaat brokoli bagi penderita kanker payudara

Inilah 5 Langkah Cerdas Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

Bagi kamu seorang wanita harus waspada dengan yang namanya kanker payudara. Gaya hidup dan pola makan yang tak sehat kerap dikaitkan dengan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu dinilai sangat penting mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit mematikan ini.

Berikut beberapa langkah cerdas yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara :

1. Olahraga 150 menit per minggu

Langkah cerdas pertama yang harus kamu lakukan adalah hanya dengan berolahraga selama kurang lebih 150 menit dalam seminggu. Ini adalah angka yang jauh lebih rendah karena kita tak harus berolahraga setiap hari. Bahkan bagi mereka yang sudah pernah terdiagnosa kanker payudara sebelumnya, berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa dengan rajin berolahraga resiko muncul kembali kanker payudara bisa ditekan sampai 40 persen.

2. Jangan terlalu gemuk

Langkah cerdas kedua yang harus anda lakukan adalah menjaga berat badan agar tak sampai gemuk. Menurut para pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang gemuk akan menyebabkan tubuh melepaskan sitokin yang memicu munculnya inflamasi dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, akibat ini juga menyebabkan sistem imun tubuh menjadi menurun.

3. Kurangi lemak jahat

Kita semua tentunya sepakat kalau lemak jahat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Banyaknya tumpukan lemak jahat dalam tubuh akan memicu kenaikan berat badan atau bahkan obesitas yang akan meningkatkan tingginya resiko terkena penyakit kanker payudara.

4. Obat anti-estrogen

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa, sekitar 70 persen kasus kanker payudara terjadi pada wanita yang menopause. Ini semua dipengaruhi oleh kondisi hormonal yang tak lagi seimbang dalam tubuh wanita yang sudah menopause. Biasanya resiko ini meningkat pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.

5. Jangan merokok

Untuk mencegah munculnya penyakit kanker payudara yang harus kita hindari adalah merokok. Hal ini membuktikan kalau merokok bukan hanya memicu kanker paru saja, tetapi juga bisa memicu munculnya kanker payudara.

Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *