Hpai.inspirasibersama.com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital dalam melakukan filtrasi dan pembuangan racun yang ada di dalam tubuh. Jika ginjal tak bisa melakukan fungsi ini dengan baik, maka bisa dipastikan ada banyak racun dalam tubuh kita. Sebenarnya gejala awal gagal ginjal bisa kita kenal hanya dengan melihat wajah dan kulit.

sumber gambar : http://riaumandiri.co

Berikut beberapa perubahan pada wajah dan kulit yang menjadi gejala awal penyakit gagal ginjal :

Wajah membengkak
Gejala pertama gagal ginjal adalah terjadinya perubahan pada wajah seseorang menjadi lebih bengkak. Hal ini disebabkan karena ginjal tak bisa maksimal dalam mengeluarkan cairan tubuh sisa pembuangan sehingga akan kembali menumpuk pada tubuh salah satunya bagian wajah.

Kulit kering
Gejala kedua orang yang mengalami gagal ginjal adalah kulit menjadi kering. Mereka akan mengalami gangguan pada kelenjar keringat dan minyak yang seharusnya bisa memberikan kelembaban pada kulit. Selain kulit menjadi kering, mereka juga akan lebih lama sembuh jika terjadi luka dan beresiko mengalami infeksi.

Warna kulit berubah
Bukan hanya kulit berubah menjadi kering saja, gejala gagal ginjal juga akan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi terlihat pucat, cenderung gelap yang disebabkan karena karotenoid serta pigmen urine yang tinggi. Seharusnya saat kita buang air kecil, pigmen kulit bisa kita keluarkan dengan baik. Namun bagi mereka yang mengalami gagal ginjal hal ini tak bisa dilakukan dengan baik akhirnya menumpuk pada bagian kulit.

Baca juga : jual paket produk herbal hpa agar terhindar dari cuci darah

Munculnya serbuk putih pada kulit
Bagi anda yang sering kali mengalami muncul serbuk putih yang berada di bagian kulit, maka harus waspada gejala gagal ginjal. Proses ini disebut dengan uremic frost akibat dari kristal uremic yang seharusnya bisa dikeluarkan tubuh dengan baik namun kembali menumpuk pada bagian tubuh seperti wajah dan kaki.

Untuk menjaga agar ginjal kita tetap sehat, maka sebaiknya memperhatikan asupan cairan berupa air putih. Sangat disarankan untuk setidaknya minum air putih delapan gelas sehari untuk mencegah gagal ginjal. Namun jika ginjal kita sudah bermasalah atau gagal ginjal, maka minum banyak sudah menjadi terlarang. Oleh karena itu jika diantara kita mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan tadi, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih detail ke dokter karena akan membutuhkan pemeriksaan darah.

Artikel Terkait : Penyebab gagal ginjal kronik pada orang dewasa

Kategori: Artikel kesehatan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *