Hpai.inspirasibersama.com – Sarapan merupakan aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan. Namun karena aktivitas yang tinggi banyak orang yang melupakan sarapan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya anda tetap sarapan namun dengan menu yang sehat dan praktis.

sumber gambar Cantikalamiah.com

Ada segudang dampak buruk jika kita melewatkan sarapan pada pagi hari. Ada banyak penyakit yang bisa kita hindarkan jika rutin melakukan sarapan pagi yang menyehatkan. Beberapa penyakit tersebut meliputi diabetes, tekanan darah tinggi dan sindrom metabolik.

Mereka yang melupakan sarapan pagi juga beresiko mengalami penurunan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun nutrisi yang akan hilang saat kita melupakan sarapan pagi adalah kalsium, magnesium, potasium, fosfor, zinc da beberapa jenis vitamin seperti A, C, E B6 dan asam folat.

Baca Juga : Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Resiko Stroke

Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan di Harvard University yang berada di Amerika Serikat mengatakan bahwa seseorang yang rutin melakukan sarapan pagi, maka akan terhindar dari kegemukan. Jadi kalau ada orang yang tidak sarapan pagi demi program menurunkan berat badan itu adalah salah besar.

Oleh karena itu bagi anda yang mempunyai rutinitas yang sangat padat, sangat disarankan untuk tetap menyempatkan sarapan dengan menu yang lebih praktis namun tetap menyehatkan.

Berikut beberapa tips mudah sarapan yang praktis namun menyehatkan :

Langkah pertama bagi anda yang sangat sibuk dengan pekerjaan setiap harinya, maka yang harus kita lakukan adalah dengan menyiapkan makanan pada akhir pekan. Ini bisa anda lakukan untuk mempersiapkan makanan selama satu minggu  ke depan.

Anda bisa menyimpan sayuran dan ikan dalam lemari kulkas untuk disajikan setiap harinya saat sarapan pagi. Yang perlu kita perhatikan adalah tidak semua jenis makanan bisa kita simpan dalam kulkas.

Salah satu contoh jenis sayuran yang menyebabkan cepat busuk jika kita taruh pada suhu yang dingin. Misalnya saja tomat. Untuk menjaga sayuran lebih lama bertahan dalam kulkas, maka anda bisa memanfaatkan wadah yang kedap udara.

Alasan menyiapkan bahan makanan dalam lemari es dengan rapi adalah bermanfaat untuk memberikan kemudahan kita dalam memasaknya pada pagi hari yang membutuhkan waktu yang singkat karena harus berangkat kerja.

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memilih jenis makanan yang proses memasaknya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda harus menyiapkan jenis makanan dalam lemari es yang jika dimasak tidak memerlukan waktu yang lama.

Menu sarapan pagi yang sehat adalah mengandung unsur karbohidrat, protein dan vitamin yang memberikan sumber tenaga dan nutrisi bagi tubuh untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Dengan menu sarapan yang seimbang, maka akan memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga tidak menyebabkan nafsu makan kita meningkat.

Artikel Terkait : Menu Sarapan Yang Tidak Sehat Bagi Tubuh


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *